Dongeng Sebagai Rekreasi Edukasi Bagi Anak Sekolah Dasar Di Bogor Dengan Media Boneka Tangan (Fairy Tales as Educational Recreation for Elementary School Children in Bogor Using Hand Puppets)
View/ Open
Date
2023Author
Prabandari, Dyah
Bonanza, Occy
Ramadania, Umy Raisa
Dewi, Helianthi
Rahmani, Natasha Indah
Metadata
Show full item recordAbstract
Dampak Pandemi COVID-19 salah satunya pada sektor pendidikan yang berpengaruh terhadap pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah secara online. Pembelajaran secara online mengakibatkan tingkat kejenuhan pada siswa dan terganggunya perkembangan kognitif siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan boneka tangan melalui dongeng dalam meningkatkan kognitif siswa SD kelas 1-3. Metode Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap siswa kelas 1-3 SD di 3 SDN Kota Bogor. Pemilihan responden secara purposive sampling. Hasil penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa siswa tertarik dengan boneka tangan dan memilih tokoh-tokoh dalam cerita rakyat Kabayan.. Kegiatan mendongeng ini merupakan implementasi dari kegiatan rekreasi edukasi yang dapat dilakukan di sekolah. Mendongeng dengan menggunakan boneka tangan mempengaruhi ketertarikan, kefokusan dan perkembangan kognitif siswa
Collections
- Diploma Programme [71]