Rancangan Sistem Penilaian Kinerja Pranata Laboratorium Pendidikan di Institut Pertanian Bogor melalui Pendekatan Human Resource Scorecard
View/ Open
Date
2014Author
Khaerizal, Hendra
Sukmawati, Anggraini
Sarma, Ma'mun
Metadata
Show full item recordAbstract
Menuju pencapaian menjadi Research Based University, IPB haruslah
didukung oleh sumber daya fisik, sumber daya manusia, sistem manajemen
kinerja dan penilaian kinerja yang terukur. Pranata Laboratorium Pendidikan
(PLP) adalah tenaga kependidikan yang berperan penting dalam terselenggaranya
kegiatan tridarma perguruan tinggi pada perguruan tinggi berbasis riset.
Berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan
Ketenagakerjaan Negara Nomor 02/V/PB/2010, penilaian kinerja PLP haruslah
berdasarkan kepada kompetensi dan kegiatan yang menunjang kompetensinya
dapat disesuaikan menjadi angka kredit untuk menentukan jabatan fungsionalnya.
Tolak ukur penilaian kinerja PLP IPB belum dapat mengambarkan penilian
kompetensi PLP karena hanya berdasarkan empat kriteria yaitu: 1) kehadiran, 2)
produktifitas, 3) perilaku kerja dan 4) penilaian unit kerja/lembaga terkait di IPB.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan Human
Resource Scorecard (HRSC), Analytical Hierarky Prosess (AHP), dan
mengunakan software expert choice 11 sebagai alat untuk menentukan prioritas
indikator kinarja kunci. Data yang digunakan adalah data primer yang merupakan
hasil wawancara terhadap 4 orang pakar yang memiliki kapabilitas dalam sasaran
strategis IPB, manajemen kinerja, laboratorium dan PLP. Implementasi Peraturan
Menteri Pendayagunaa Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) di
IPB saat ini adalah penyetaraan jabatan fungsional PLP bagi Tenaga
Laboran/teknisi laboran pendidik di lingungan IPB. Tahun 2014, IPB sedang
dalam proses penyusunan analisis pekerjaan untuk PLP yang sesuai dengan
kebutuhan IPB berdasarkan ketentuan pemerintah dan perundangan yang berlaku.
Peta strategis sistem penilaian kinerja PLP melalui pendekatan HR
Scorecard tersusun menjadi 4 (empat) Perspektif yaitu : 1) perspektif costumer
excellences, 2) perspektif operational excellences, 3) perpektif competency
development dan 4) perspektif financial excellences. Dalam mencapai tujuan IPB
melalui kinerja PLP ditetapkan 9 (sembilan) sasaran strategis kinerja dan 13
Indikatori Kinerja Kunci (IKK) dan 31 indikator Kinerja (IK). Prioritas utama
kinerja pada rancangan sistem penilaian kinerja PLP IPB adalah Pelaksanaan
Tridharma Perguruan Tinggi khususnya pelayanan pendidikan kepada mahasiswa,
tercermin dari bobot prioritas tertinggi pada perspektif costumer excellences yaitu
0.564. Prioritas sasaran strategi dalam penilaian kinerja PLP di IPB adalah: 1)
Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan (0.411), 2) Peningkatan Kualitas dan
kuantitas Sertifikasi PLP (0.130), 3) Peningkatan Kuantitas dan kualitas Karya
Ilmiah PLP (0.102).
Collections
- MT - Economic and Management [2965]