View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Human Ecology
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Human Ecology
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Kepuasan Mahasiswa Baru Terhadap Komunikasi Layanan Kemahasiswaan (Studi Kasus: Unit Penerimaan Calon Mahasiswa Universitas Islam “45” Bekasi)

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Fulltext (29.80Mb)
      Date
      2015
      Author
      Imran, Maharani
      Lubis, Djuara P
      Ginting, Basita
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perguruan tinggi membutuhkan komunikasi yang efektif dengan calon mahasiswa, yaitu dengan memberikan pelayanan kepada calon mahasiswa mengenai berbagai program studi, kegiatan, prospek kerja dan lain sebagainya untuk memotivasi calon mahasiswa agar tertarik dengan programnya. Dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 di Universitas Islam “45” (Unisma) Bekasi terjadi kenaikan jumlah mahasiswa baru sebesar 71,48%. Saluran komunikasi yang digunakan oleh Unit Penerimaan Calon Mahasiswa (UPCM) di Unisma adalah: pesan lisan, spanduk, baliho, selebaran biaya kuliah, buklet, website, facebook, telepon, dan SMS Gateway. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses komunikasi di UPCM Unisma; menganalisis hubungan karakteristik individu dengan proses komunikasi; menganalisis hubungan proses komunikasi dengan kepuasan dan tindakan mahasiswa baru. Pengumpulan data dilakukan selama bulan Mei sampai dengan Juli 2014 menggunakan pengambilan sampel kuota. Jumlah sampel adalah 210 mahasiswa baru. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan proses komunikasi yang sangat berhubungan dengan karakteristik mahasiswa adalah penggunaan saluran komunikasi buklet, isi pesan buklet, dan frekuensi facebook, spanduk dan pesan lisan; karakteristik mahasiswa yang sangat berhubungan dengan kepuasan dan tindakan mahasiswa baru adalah Indeks Prestasi Komulatif (IPK) dan status mahasiswa. Sedangkan saluran komunikasi yang sangat berhubungan dengan IPK dan status adalah spanduk, buklet, facebook, dan website; dan proses komunikasi yang sangat berhubungan dengan kepuasan dan tindakan mahasiswa baru adalah penggunaan saluran komunikasi spanduk, isi pesan selebaran biaya kuliah, dan frekuensi spanduk serta buklet.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118533
      Collections
      • MT - Human Ecology [2275]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail