Analisis daya saing dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ekspor kopi Indonesia dan Vietnam di ASEAN 5
View/Open
Date
2016Author
Zuhdi, Fadhlan
Suharno, Suharno
Harianto, Harianto
Metadata
Show full item recordAbstract
Selama 14 tahun terakhir, ekspor kopi Indonesia dan Vietnam terus
mengalami pertumbuhan khususnya pada jenis kopi HS 090111 (Coffee, not
roasted, not decaffeinated) ke pasar ASEAN 5. Pertumbuhan tersebut didasari pada
terus meningkatnya kuantitas serta nilai ekspor kopi Indonesia dan juga Vietnam
dalam beberapa tahun terakhir. Untuk melihat sejauh mana ekspor kopi Indonesia
dan Vietnam mampu berdaya saing di ASEAN 5, dilakukan analisis RCA
(Revealed Comparative Advantage), untuk mengetahui atau mengidentifikasi daya
saing suatu produk serta untuk mengetahui apakah suatu produk dalam performa
yang dinamis atau tidak digunakan alat analisis EPD (Export Product Dynamics)
dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ekspor kopi
Indonesia dan Vietnam di ASEAN digunakan regresi panel. Last 14 years ago, Indonesian and Vietnam coffee export continued to grow
especially on the type of coffee with HS number 090111 (Coffee, not roasted, not
decaffeinated) to ASEAN 5 market. The growth based on increasing of number in
quantity and number in coffee export by Indonesia and Vietnam in recent years.
Holding of the ASEAN Economic Community (AEC) in early 2016 was to
stimulate coffee exporters such as Indonesia that was able to maintain the quantity
of its exports to ASEAN 5 and necessitating an analysis related to the
competitiveness of Indonesian coffee products in the ASEAN markets 5. Whereas,
in order to evaluate the Indonesia and Vietnam coffee export in ASEAN 5 market,
RCA (Revealed Comparative Advantage) analysis used, to identify product in a
dynamic performance, EPD (Export Product Dynamics) analysis is used and to
identify factors affecting Indonesian and Vietnam Coffee Export in ASEAN 5
market used panel regression.