Show simple item record

dc.contributor.advisorKinseng, Rilus A
dc.contributor.authorFadhilah, Reni
dc.date.accessioned2023-05-15T00:03:12Z
dc.date.available2023-05-15T00:03:12Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117552
dc.description.abstractKehadiran media sosial dalam memberikan informasi memberikan pengaruh sosial dan budaya terhadap kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan media sosial terhadap perubahan sosial budaya di Desa Sukaraksa. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 50 orang yang tinggal di Desa Sukaraksa. Responden tersebut dipilih melalui teknik sampel non probabilitas dengan prosedur sampel convenience. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei menggunakan kuesioner yang juga didukung oleh data kualitatif dari hasil wawancara mendalam serta observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa frekuensi penggunaan media sosial di desa penelitian berada pada kategori sedang, durasi penggunaan berada pada kategori tinggi, dan ragam layanan media sosial yang digunakan berada pada kategori sedang. Penelitian ini juga menunjukan faktor-faktor yang berhubungan dengan kemampuan masyarakat Desa Sukaraksa mengakses dan menggunakan media sosial adalah usia, tingkat pendidikan, tingkat kepemilikan digital, rata-rata pengeluaran biaya internet, dan ragam tujuan pemanfaatan internet. Selanjutnya, penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berperan atau turut menyebabkan perubahan sosial budaya di Desa Sukaraksa.id
dc.description.abstractThe presence of social media in providing information has a social and cultural influence on human life. This study aims to analyze the impact of using social media on socio-cultural changes in Sukaraksa Village. The number of respondents studied was 50 people who lived in Sukaraksa Village. The respondents were selected through a non- probability sampling technique with a convenience sampling procedure. This study used a quantitative approach through a survey method using a questionnaire which was also supported by qualitative data from the results of in-depth interviews and observations. The results of this study indicate that the frequency of social media use in the research village is in the medium category, the duration of use is in the high category, and the variety of social media services used is in the medium category. This study also shows that the factors related to the ability of the people of Sukaraksa Village to access and use social media are age, level of education, level of digital ownership, average internet expenses, and various purposes for using the internet. Furthermore, this study shows that social media plays a role or contributes to socio-cultural changes in Sukaraksa Village.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePeranan Media Sosial dalam Perubahan Sosial Budaya Pedesaan di Era Digitalid
dc.title.alternativeThe Role of Social Media in Rural Socio-Cultural Change in the Digital Ageid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordsocial mediaid
dc.subject.keywordDigital ageid
dc.subject.keywordSocial changeid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record