Pengaruh Atribut Produk terhadap Persepsi dan Preferensi Mahasiswa IPB dalam Pengambilan Keputusan Membeli Yogurt
Date
2023Author
Maimanah, Nurul Izza
Cyrilla E.N.S.D, Lucia
Taufik, Epi
Metadata
Show full item recordAbstract
Produksi yogurt di Indonesia semakin meningkat karena konsumsi yogurt
meningkat sehingga semakin banyak produsen yang memproduksi yogurt.
Produsen dituntut untuk melakukan inovasi dengan berbagai atribut produk yang
dapat menarik minat membeli. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh
atribut produk terhadap persepsi dan preferensi konsumen. Penentuan responden
penelitian dengan menggunakan teknik quota sampling, dan diambil total 100
orang mahasiswa IPB yang terdiri dari mahasiswa Program Sarjana (S1) dan
mahasiswa sekolah vokasi (D3). Data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan uji
Chi Square. Berdasarkan penelitian, mayoritas konsumen adalah wanita, usia 17-
23 tahun, berasal dari Sekolah Vokasi, memiliki pendapatan Rp <1.000.000.
Persepsi skor dengan nilai tertinggi adalah rasa. Terdapat hubungan antara asal
fakultas dengan merek yogurt, dan usia responden dengan jenis yogurt yang
dikonsumsi.