Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi Pesantren Mandiri Berbasis Pertanian. (Kasus: Pondok Pesantren Al Ittifaq, Rancabali Bandung)
Abstract
Pesantren pertanian memiliki potensi untuk mencetak petani muda yang dapat terjun ke masyarakat. Kualitas potensi tersebut perlu diperkenalkan ke masyarakat melalui media promosi yang efektif. Pesantren Al Ittifaq merupakan salah satu pesantren pertanian yang menggunakan media sosial sebagai media promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media promosi pesantren Al Ittifaq melalui media sosial Instagram dan YouTube. Responden pada penelitian ini berjumlah 64 santri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan didukung dengan data kualitatif melalui wawancara mendalam dengan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas media promosi Pesantren Al Ittifaq sudah cukup efektif dengan tingkat keterdedahan media sosial Instagram dan YouTube yang sedang. Dengan demikian, pesantren diharapkan dapat memperhatikan kejelasan dan kelengkapan pesan yang disampaikan serta lebih aktif memberikan feedback pesan agar dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas.