View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Mathematics and Natural Science
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Mathematics and Natural Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengembangan Teknologi Virtual Pembelajaran Anatomi Veteriner (Studi Kasus: Anatomi Tulang Kuda)

      Thumbnail
      View/Open
      Fullteks (13.43Mb)
      Cover (1.327Mb)
      Lampiran (4.345Mb)
      Date
      2023
      Author
      Hastapatria, Eragilang Muhammad
      Nurdiati, Sri
      Agungpriyono, Srihadi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pembelajaran anatomi veteriner dalam pendidikan kedokteran hewan umumnya didukung dengan kegiatan praktikum menggunakan kadaver hewan dan dilakukan di laboratorium khusus. Penggunaan hewan atau kadaver hewan sebagai alat praktik pendidikan sangat membantu pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran dan dianggap sebagai metode terbaik, akan tetapi metode tersebut masih terus dievaluasi karena masalah etis. Pada tahun 2020, kejadian pandemi Covid19 yang melanda dunia menyebabkan kebutuhan akan pembelajaran anatomi veteriner secara jarak jauh perlu diteliti dan dikembangkan. Perkembangan teknologi memberikan alternatif pengembangan metode pembelajaran salah satunya dengan teknologi virtual berbasis Virtual Reality (VR). Penggunaan teknologi virtual berbasis VR sekaligus untuk mengatasi kekurangan dalam penggunaan kadaver hewan dan pemenuhan kaidah kesejahteraan hewan (animal welfare). Metode tersebut juga mampu membawa pengguna merasakan pengalaman berada di dunia virtual dan memungkinkan pembelajaran mandiri dilakukan di segala tempat. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem berdasarkan metodologi Prototype dengan keluaran berupa sistem perangkat ajar menggunakan teknologi VR yang akan diterapkan pada model tulang kuda (Equus Caballus). Selanjutnya untuk mempermudah akses, VR akan dipadukan dengan saluran akses website melalui metode embed sehingga pengguna bisa mengakses dari berbagai perangkat keras seperti komputer, ponsel pintar dan kacamata VR. Dalam penelitian kali ini prototype sistem telah berhasil melewati pengujian fungsi melalui metode Black box dan mendapatkan nilai melebihi rata-rata dalam pengujian pengalaman pengguna menggunakan metode UEQ. Berdasarkan hasil pengujian tersebut prototype sistem bisa digunakan sebagai alternatif perangkat belajar dengan daya tarik dan kualitas yang baik.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117213
      Collections
      • MT - Mathematics and Natural Science [4138]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository