Show simple item record

dc.contributor.advisorDaryanto, Arief
dc.contributor.advisorSuhendi, Suhendi
dc.contributor.authorElvaza, Azzara Putri
dc.date.accessioned2023-01-30T06:28:40Z
dc.date.available2023-01-30T06:28:40Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116427
dc.description.abstractDi Indonesia pengangguran tertinggi pada lulusan SMK mencapai 11,13%. Hal ini disebabkan pembelajaran di SMK mengarah pada hardskill dibandingkan softskill dan kompetensi lulusan SMK yang belum berstandar industri. Mengenai hal tersebut, Kemendikbudristek menyelenggarakan program pemadanan dukungan SMK yang berkolaborasi dengan PT. Telkom Indonesia di delapan SMK salah satunya di SMK Bina Nusantara. Tujuan penelitian ini adalah, mengevaluasi dan menyusun rekomendasi evaluasi pelatihan yang tepat untuk program pemadanan SMK di SMK Bina Nusantara. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Kirkpatrick level I dengan teknik pengolahan data menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) serta Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan CSI, tingkat kepuasan peserta sebesar 89,01% yang berarti peserta sangat puas. Penelitian ini merekomendasikan melakukan perekrutan dan pelatihan pada pelatih yang disusun dan disesuaikan dengan kebutuhan program dengan timeline yang terjadwal serta melakukan koordinasi penjadwalan dengan stakeholder terkait: mengupayakan menggunakan WBS pada pelaksanaan program.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Evaluasi Pelatihan pada Program Pemadanan SMK Dukungan PT.Telkom Indonesia (Studi Kasus : SMK Bina Nusantara Cisalak, Subang)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordCSIid
dc.subject.keywordevaluasi pelatihanid
dc.subject.keywordIPAid
dc.subject.keywordKirkpatrick level Iid
dc.subject.keywordprogram pemadanan SMK dukunganid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record