Digital Leader sebagai Pemimpin Transformasional (Analisis Peran Generasi Milenial dalam Bonus Demografi Indonesia) “Digital Leaders are made, not born”
Abstract
Kutipan di atas menjadi kalimat yang sangat menarik perhatian ketika
membuka sampul buku karangan Erik Qualman, Digital Leader. Kepemimpinan dalam
era digital menjadi sangat relevan dengan kehidupan saat ini. Buku ini dapat menjadi
referensi untuk memahami bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan tips untuk
mengambil sebanyak-banyaknya keunggulan dari era digital yang sedang berjalan,
dengan menjadi Digital Leader. Meskipun contoh dan ilustrasi yang digunakan banyak
berasal dari pengalaman tokoh-tokoh dan perusahaan skala internasional, pembahasan
di dalamnya akan sangat berguna dalam mengkaji dan menganalisis bagaimana Digital
Leader dapat menjadi sosok Pemimpin Transformasional di Era Generasi Milenial di
Indonesia. Terlebih lagi, generasi milenial Indonesia adalah bagian dari masyarakat
global yang dituntut untuk mampu berdaya saing.
Generasi milenial tak pelak menjadi bagian dalam kehidupan bermasyarakat.
Lebih mikro, perhatian dan program pengembangan generasi milenial kini menjadi
bagian dari strategi dalam memenangkan persaingan dunia usaha. Persaingan ini
terutama dalam mendapatkan talenta terbaik bagi perusahaan, yang pada akhirnya
bermuara pada strategi untuk memenangkan pasar. Adalah penting untuk memahami
karakter generasi milenial dengan penerapan strategi yang tepat. Apalagi beberapa
survey tentang dunia kerja menunjukkan bahwa generasi ini adalah generasi yang
membutuhkan perhatian lebih sehingga potensinya dapat dioptimalkan. Bagi
perusahaan, khususnya departemen yang menaungi manajemen sumber daya manusia,
ini berarti sebuah pekerjaan rumah untuk menciptakan sebuah lingkungan kondusif
bagi karyawan mereka dari generasi milenial untuk dapat berkembang. Salah satunya
adalah mengevaluasi program kepemimpinan dan pengembangan pemimpin yang
transformasional. Digital Leader dapat menjadi sebuah konsep acuan. dst ...
Collections
- Management [64]