Strategi Pemasaran Pada Kedai Kopi Wirajuara Di Kabupaten Indramayu
View/ Open
Date
2022Author
Abdillah, Imam Hamzah
Purwono, Joko
Sarianti, Tintin
Metadata
Show full item recordAbstract
Saat ini, pertumbuhan kedai kopi di Indonesia sangat meningkat salah satunya adalah
Kedai Wirajuara. Tingkat persaingan kedai kopi yang cukup tinggi menyebabkan kedai
Wirajuara harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk mampu bersaing
dengan para pesaingnya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor
internal dan eksternal yang mempengaruhi Kedai Wirajuara, merumuskan alternatif
strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Kedai Wirajuara, menentukan prioritas
alternatif strategi pemasaran yang direkomendasikan untuk diterapkan oleh Kedai
Wirajuara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan
analisis perumusan tiga tahap yang terdiri dari tahap masukan, tahap pencocokan dan
tahap pengambilan keputusan. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah
matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil analisis
menunjukkan bahwa Kedai Wirajuara berada pada posisi menjaga dan
mempertahankan. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT menghasilkan tujuh
alternatif strategi pemasaran dengan prioritas strategi yaitu mengembangkan produk
yang berbeda dengan pesaing.
Collections
- Agribusiness [60]