Analisis Komunikasi pada Program Percepatan Pencegahan Stunting di Kabupaten Banyumas
Abstract
Target pemerintah untuk mempercepat penurunan kasus stunting di Indonesia hingga 14 persen pada 2024 membutuhkan dukungan semua pihak. Melalui penelitian di DPPKBP3A Kabupaten Banyumas ini, kami mengidentifikasi empat strategi: (1) Strategi Berbasis Media yang Digunakan (Media Based Strategy), (2) Strategi Desain Instruksional, (3) Strategi Partisipatif dan (4) Strategi Pemasaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan komunikasi telah mencakup hampir semua komponen baik dari lembaga pemerintah maupun non pemerintah dari tingkat kecamatan hingga desa. Namun, pendekatan target masih terbatas pada perempuan/istri. Bahkan, beberapa penelitian membuktikan bahwa pendekatan kepada suami juga diperlukan, karena mereka adalah kepala keluarga yang dalam hal-hal tertentu (termasuk KB, kesehatan reproduksi dan pangan) masih mendominasi dalam pengambilan keputusan keluarga. Untuk itu, disarankan untuk melengkapi pendekatan komunikasi kepada suami.