Korelasi Literasi Digital Pemasaran dengan Kinerja Pemasaran Pada Pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Komunitas UMKM Naik Kelas Kabupaten Bogor merupakan komunitas yang terbentuk karena adanya pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan tingkat literasi digital pemasaran dengan kinerja pemasaran pelaku UMK di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan kuesioner online dan didukung dengan data kualitatif melalui wawancara mendalam. Responden yang digunakan adalah pelaku UMK yang tergabung dalam grup whatsapp Komunitas UMKM Naik Kelas Kabupaten Bogor sejumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara tingkat literasi informasi dan data dengan kinerja pemasaran pada aspek pertumbuhan konsumen. Kemampuan komunikasi dan kolaborasi yang tinggi dapat meningkatkan kinerja pemasaran, kemampuan pembuatan konten digital juga memiliki hubungan positif dengan kinerja pemasaran pada aspek pertumbuhan konsumen, serta kemampuan teknologi yang tinggi juga dapat meningkatkan kinerja pemasaran pada aspek volume penjualan.