Analisis Kepuasan Pemustaka Di Perpustakaan Berbagai Negara Berdasarkan Data Scopus 2012-2022
Abstract
Kepuasan pemustaka adalah salah satu indikator keberhasilan pengelolaan sebuah perpustakaan. Kajian ini bertujuan untuk mempelajari keterkaitan kata kunci dan kolaborasi pengarang tentang kepuasan pemustaka yang bersumber dari data scopus sejak tahun 2012-2022. Kajian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dimana data diambil dari Scopus dari tahun 2012-2022. Data diolah dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish. Selanjutnya diexpor ke Mendeley dan dianalisis dengan VosViewer. Kajian dilakukan di Perpustakaan Institut Pertanian Bogor sejak Oktober – Desember 2022. kajian tentang kepuasan pemustaka memunculkan academic libraries dan user satisfaction sebagai dua peringkat tertinggi yang sering muncul (tingkat kemunculan 20 dan 21) dengan total kekuatan sebesar 93 dan 89, hal ini menunjukkan bahwa dalam kurun 10 tahun kajian tentang kepuasan pemustaka Academic libraries dan user satisfaction mendominasi penelitian, dan sering dimunculkan dalam penelitian. Sedangkan kajian tentang perpustakaan dan jaringan informasi (Library and information networks), pengguna (users) serta validitas (validity) masih sangat sedikit sekali dengan tingkat kemunculan masing masing 1 dan tingkat kekuatan hubungan masing masing 2. Penulis kepuasan pemustaka dari data scopus tahun 2012-2022, memiliki kolaborasi yang erat satu sama lain. Hal ini menunjukkan bahwa tulisan tentang kepuasan pemustaka memiliki aspek berkesinambungan sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2022 yang saling berkaitan antara satu penelitian dengan penelitian lainnya.
Collections
- Librarian [270]