Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorNajib, Mukhamad
dc.contributor.authorSuryawan Sukma, Ade
dc.date.accessioned2022-12-05T03:43:51Z
dc.date.available2022-12-05T03:43:51Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115430
dc.description.abstractStrategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan untuk membangun hubungan antara merek dengan konsumen salah satunya adalah dengan aktivasi merek. XYZ sebagai salah satu merek kental manis di Indonesia yang menyasar konsumen rumah tangga menyikapi maraknya persaingan dengan melakukan aktivasi merek berupa rangkaian kegiatan event. Event ini menjadi salah satu strategi yang diharapkan mampu merebut hati konsumen dengan cara membangun brand awareness, meningkatkan customer engagement dan mempengaruhi keputusan pembelian yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk XYZ khususnya di provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh event dalam membentuk brand awareness dan customer engagement, menganalisis pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian, serta menganalisis pengaruh customer engagement terhadap keputusan pembelian. Selain itu hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan merumuskan strategi pemasaran dalam rangka meningkatkan penjualan produk XYZ. Penelitian ini dilakukan di provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta terhadap 170 responden menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dan data yang diperoleh diolah menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan PLS. Berdasarkan hasil analisis deskriptif karakteristik responden dapat dibuat profil berdasarkan demografi target audiens konsumen XYZ yang mengikuti event ini yaitu dominan perempuan yang berada pada rentang usia produktif 20-40 tahun dengan segmentasi sosial ekonomi status menengah dan menengah ke bawah dan berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa event berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness dan customer engagement. Brand awareness dan customer engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehubungan hal tersebut, dalam konteks event, XYZ harus mampu menciptakan event yang dapat membuat konsumennya mengerti tentang produknya. Dalam konteks brand awareness, XYZ harus kreatif dan terus melakukan inovasi dalam menyalurkan informasi terkait merek dan produk yang dijual sehingga dengan mudah dikenali oleh konsumen dan dalam konteks customer engagement XYZ harus mampu menciptakan dan menjaga konsistensi kualitas dan manfaat dari produk yang dijual ke konsumen yang nantinya akan berdampak pada ketertarikan konsumen dalam melakukan pembelian produk XYZ.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Event yang Membentuk Brand Awareness dan Customer Engagement serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Produk XYZid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordBrand Awarenessid
dc.subject.keywordCustomer Engagementid
dc.subject.keywordEventid
dc.subject.keywordKeputusan Pembelianid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record