dc.description.abstract | Sektor UMKM mempunyai peran strategis bagi pertumbuhan ekonomi di
Indonesia. Namun, 95% UMKM gagal dalam lima tahun pertama. Konveksi
VendorKampus merupakan salah satu UMKM di Indonesia yang sedang menuju
operasional usaha tahun kedua sejak didirikan pada tahun 2020 dengan tingkat
penjualan yang bertumbuh pada setiap kuartalnya. Tujuan penelitian ini adalah
mengidentifikasi karakteristik konsumen, proses keputusan pembelian, dan
kepuasan konsumen Konveksi VendorKampus. Data diperoleh dengan metode
non-probability sampling dan diolah dengan analisis deskriptif, Importance
Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Hasil penelitian ini
menunjukkan karakteristik utama konsumen mayoritas berasal dari Jawa Timur,
melakukan pembelian pada semester 6, jabatan konsumen Kepala Divisi dan berada
pada divisi Badan Pengurus Harian. Proses pengambilan keputusan dimotivasi
rekomendasi teman, manfaat yang dicari adalah kualitas bahan terbaik, mendapat
informasi lewat teman organisasi, harga yang terjangkau sebagai pertimbangan
utama, pembelian dilakukan terencana, dengan perkiraan waktu pembayaran
pertama pada 1-2 pekan. Hasil kepuasan CSI Konveksi VendorKampus mencapai
89,99% dengan 6 Atribut IPA yang mendapat nilai terbaik yaitu kecepatan proses
pembuatan, ketepatan proses pembuatan, dapat klaim retur, kemudahan mengakses
media sosial, kemudahan pembayaran, dan kemudahan pemesanan. | id |