Pengaruh Green Marketing terhadap Minat Beli melalui Citra Merek: Studi Kasus Yagi Natural Skincare
Abstract
Yagi Natural Skincare merupakan perusahaan skincare lokal yang memiliki komitmen untuk menghasilkan produk skincare berbahan dasar alami dan ramah lingkungan melalui penerapan green marketing. Tujuan penelitian ini meliputi 1) mengidentifikasi karakteristik konsumen dan penerapan green marketing Yagi Natural Skincare, 2) menganalisis pengaruh green marketing terhadap minat beli melalui citra merek, dan 3) merumuskan rekomendasi kepada Yagi Natural Skincare. Sampel penelitian ini diambil pada bulan April hingga Oktober 2022 kepada 72 responden dengan kriteria sudah mengetahui atau pernah membeli produk Yagi Natural Skincare. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan software Smart PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) karakteristik konsumen Yagi Natural Skincare merupakan konsumen yang paham produk ramah lingkungan dan tidak sensitif terhadap harga, 2) pengaruh green marketing terhadap minat beli melalui citra merek terbukti berpengaruh positif dan signifikan, dan 3) Yagi Natural Skincare dapat memprioritaskan green price dan logo merek untuk meningkatkan minat beli.
Collections
- UT - Business [319]