Show simple item record

dc.contributor.advisorDaryanto, Arief
dc.contributor.advisorIndrawan, Raden Dikky
dc.contributor.authorDwiatmono, Adityo Suryo
dc.date.accessioned2022-10-19T08:12:35Z
dc.date.available2022-10-19T08:12:35Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/115030
dc.description.abstractKondisi perusahaan PT Mastersystem Infotama (PT MSI) saat ini dalam tahap terus tumbuh dan berkembang dalam industri bisnis ICT. Melihat adanya peluang pasar yang besar dan kemunculan tren teknologi yang berbasis software dan aplikasi, PT MSI membutuhkan terobosan agar dapat terus bersaing di tengah persaingan bisnis ICT yang semakin kompetitif. PT MSI dalam hal ini dinilai memiliki keterbatasan modal. Modal yang ada digunakan untuk biaya operasional dan hanya sedikit yang dialokasikan untuk pengembangan perusahaan. Di samping itu, kategori customer PT MSI hanya terbilang sedikit dibandingkan dengan pemain sejenis di industri yang sama. Kondisi pasar ICT yang saat ini besar belum mampu sepenuhnya ditangkap oleh PT Mastersystem Infotama. Dibandingkan perusahaan sejenis seperti PT Metrodata Electronic yang memiliki pendapatan penjualan 14 triliyun rupiah di tahun 2020, PT MSI hanya mendapatkan pendapatan penjualan 2,9 triliyun rupiah di tahun yang sama. Sehingga dengan permasalahan di atas PT MSI perlu adanya strategi pengembangan bisnis di industri ICT. Namun hal ini tentunya membutuhkan pengembangan strategi yang tepat sehingga perusahaan mampu berkembang lebih pesat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pengembangan bisnis PT MSI, (2) merumuskan alternatif strategi yang dapat dilakukan untuk pengembangan bisnis berdasarkan pengaruh masing-masing faktor internal dan eksternal pada PT MSI dan (3) merumuskan strategi yang menjadi prioritas dalam pencapaian target pengembangan bisnis pada PT MSI. Penelitian ini menggunakan metode dengan wawancara semi terstruktur, yakni pewawancara sudah mempersiapkan topik, daftar pertanyaan, dan pemandu wawancara sebelum wawancara dimulai. Penentutan responden pada penelitian menggunakan teknik judgment sampling. Jumlah responden terdiri atas 3 orang, yaitu 2 orang dengan jabatan direktur dan 1 orang dengan jabatan manajer umum. Analisis data menggunakan model lima kekuatan Porter, analisis SWOT, dan metode AHP. Hasil penelitian menjelasakan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap pengembangan PT MSI adalah faktor internal. Faktor internal merupakan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki PT MSI, faktor internal yang paling berpengaruh terhadap pengembangan bisnis PT MSI adalah dipercaya oleh vendor/pemasok sebagai “Partner of The Year” dan PT MSI saat ini memiliki keterbatasan dana atau modal usaha. Sedangkan faktor eksternal yang merupakan peluang dan ancaman pada PT MSI yang paling berpengaruh terhadap pengembangan bisnis PT MSI adalah peluang infrastruktur IT/internet di Indonesia belum merata dan pembelian barang dari vendor/pemasok menggunakan US dollar dianggap cukup mengancam kestabilan keuangan PT MSI. Berdasarkan analisis SWOT dihasilkan sebelas alternatif strategi yaitu, menambah penjualan produk infrastuktur IT/internet di Indonesia, menjual produk HKI/intellectual property PT MSI, melakukan strategi pengembangan produk dan layanan, melakukan rekruitmen tenaga ahli berbasis software, memberikan v pelatihan/training untuk meningkatkan keahlian karyawan berbasis software, meningkatkan fasilitas dan sarana untuk karyawan, menjaga hubungan baik dengan vendor/pemasok, meningkatkan budaya kerja yang adaptif dengan kebiasaan gaya hidup baru, meningkatkan jaminan mutu pelayanan yang terstandar, melakukan Initial Public Offering (IPO) untuk penguatan modal dan meningkatkan promosi dan popularitas melalui media sosial. Dari kesebelas alternatif strategi didapatkan urutan prioritas strategi dengan menggunakan teknik AHP yaitu melakukan melakukan Initial Public Offering (IPO) untuk penguatan modal, menambah relasi dengan dengan vendor/pemasok baru, menambah penjualan produk infrastuktur IT/internet di Indonesia, meningkatkan jaminan mutu pelayanan yang terstandar, memberikan pelatihan/training untuk meningkatkan keahlian karyawan berbasis software, menjual produk HKI/intelectual property PT MSI, melakukan strategi pengembangan produk/layanan, meningkatkan budaya kerja yang adaptif dengan kebiasaan gaya hidup baru, melakukan rekrutmen tenaga ahli berbasis software, meningkatkan promosi dan popularitas melalu sosial media dan meningkatkan fasilitas dan sarana untuk karyawan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pengembangan Bisnis Industri ICT di Indonesia (Studi Kasus: PT Mastersystem Infotama)id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordAHPid
dc.subject.keywordEFEid
dc.subject.keywordIFEid
dc.subject.keywordStrategi Pengembangan Bisnisid
dc.subject.keywordSWOTid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record