Desain Strategi Pemasaran Pengembangan Satuan Usaha Akademik Industri AMDK Bening
Date
2022Author
Nasution, Muhammad Taufik Akmal
Udin, Faqih
Suprihatin
Metadata
Show full item recordAbstract
Satuan Usaha Akademik Bening merupakan industri penyedia air minum
dalam kemasan skala kecil di bawah manajemen Departemen Teknologi Industri
Pertanian IPB. SUA Bening memproduksi produk kemasan galon 19 liter dengan
rata-rata produksi 50 galon per hari. SUA Bening berpotensi dikembangkan dari
aspek pemasaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis aspek pasar SUA Bening
dan memberikan usulan strategi pemasaran yang sesuai. Aspek pasar yang dikaji
mencakup analisis kepuasan konsumen menggunakan Customer Satisfaction
Index dan Importance Performance Analysis. Strategi pemasaran dirumuskan
menggunakan bauran pemasaran 4P. Indeks kepuasan konsumen SUA Bening
yaitu sebesar 78,65% dengan prioritas perbaikan yaitu pada atribut saluran
pemasaran. Usulan bauran pemasaran berupa bauran produk terdiri dari produk
galon 19 liter dengan harga Rp 7.000 dan returnable glass bottle 600 mL dengan
harga Rp 5.000, bauran tempat yaitu menggunakan saluran distribusi langsung
dan tidak langsung, dan bauran promosi terdiri dari membangun profile website
dan media sosial informatif serta berfokus pada brand awareness.