Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pemilihan Jasa Ekspedisi pada E-commerce di Jawa Barat saat Pandemi Covid-19
Abstract
Jasa ekspedisi yang tersedia di e-commerce sangat beragam, sehingga suatu
perusahaan jasa ekspedisi harus memiliki strategi pemasaran yang efektif agar
konsumen memilih dan menggunakan jasa ekspedisi tersebut. Tujuan penelitian ini
adalah menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan
konsumen dalam memilih jasa ekspedisi e-commerce saat pandemi Covid-19.
Penelitian ini dilakukan pada bulan FebruariJuni 2022 dan berlokasi di Jawa Barat.
Populasi penelitian ini adalah pengguna jasa ekspedisi e-commerce Shopee dan
Tokopedia di Jawa Barat. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada
penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif dan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
dari enam faktor yang telah diuji hanya terdapat dua faktor yang berpengaruh
signifikan dalam memengaruhi keputusan pemilihan jasa ekspedisi e-commerce
yaitu faktor customer trust dan service quality. Faktor dominan yang paling
berpengaruh dalam keputusan pemilihan dalam penelitian ini adalah service quality.
Collections
- UT - Management [3374]