Show simple item record

dc.contributor.authorPrabowo, Angga
dc.date.accessioned2010-05-04T12:15:27Z
dc.date.available2010-05-04T12:15:27Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/11420
dc.description.abstractSelama tahun 2000 sampai tahun 2007 PT Unilever Indonesia melakukan perencanaan terhadap program CSR ke dalam rencana kerja (RK) perusahaan baik secara korporat maupun pada masing-masing bagian yang terkait. Perusahaan berusaha memberikan kontribusi dalam pencapaian kualitas hidup yang lebih baik. Misi perusahaan adalah menggali dan memberdayakan potensi masyarakat, memberikan nilai tambah bagi masyarakat, memadukan kekuatan para mitra dan menjadi katalisator bagi pembentukan kemitraan. Dalam meningkatkan reputasi perusahaan, menekankan pentingnya kesinambungan dalam pelestarian lingkungan, kehidupan sosial, maupun pertumbuhan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah: Mengetahui program CSR Yayasan Unilever Indonesia yang paling menonjol kemudian meneliti efektivitas program CSR yang dilakukan oleh Yayasan Unilever Indonesia dan membandingkan Profit untuk program CSR dengan perusahaan sejenis. Dalam Yayasan Unilever terdapat 4 bagian Divisi yaitu Divisi Lingkungan, Divisi Public Health Education, Divisi Care for Area Surrounding dan Divisi Humanitarian AID. Informasi dan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder yang dilakukan pada bulan Agustus sampai Oktober 2008. Data primer diperoleh dari pengisian kuesioner oleh responden, mewawancarai pihak Yayasan Unilever Indonesia dan pengamatan langsung di daerah Pasar Minggu Jakarta tepatnya di Jln Mesjid Al-Fallah Pejaten Indah 2. Dalam penelitian ini yang menjadi responden adalah masyarakat pasar minggu. Data sekunder berupa studi literatur dan data-data lain yang berkaitan dengan topik penelitian ini diperoleh dari perpustakaan, data pemasaran perusahaan, laporan tahunan, maupun dari jurnal, buku, literatur dan internet. Metode analisis yang digunakan dalam pengolahan data adalah analisis deskriptif, analisis korelasi Rank Spearman, dengan bantuan alat pengolah data Microsoft Excel dan Statictical Product and Service Solution (SPSS) 15.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, didapat ada tiga program CSR yang dilakukan oleh Yayasan Unilever Indonesia yaitu program lingkungan, daur ulang dan pendidikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah faktor pihak penerima bantuan, faktor organisasi dan faktor prioritas kebutuhan. Dari hasil analisis regresi untuk program daur ulang faktor yang mempengaruhi adalah faktor pihak penerima bantuan dan faktor organisasi. Program lingkungan, faktor yang mempengaruhi adalah faktor organisasi dan faktor prioritas kebutuhan, sedangkan program pendidikan faktor yang mempengaruhi adalah faktor prioritas kebutuhan. Berdasarkan hasil Analisis Korelasi Program daur ulang memiliki korelasi dengan Faktor prioritas kebutuhan tetapi tidak signifikan dan tidak ada hubungan. Program Lingkungan memiliki korelasi signifikan pada taraf nyata dan Kedua peubah mempunyai hubungan linier yang positif, sedangkan Program Pendidikan memiliki korelasi dengan Faktor Pihak Penerima Bantuan dan Faktor Organisasi ini tidak signifikan dan Kedua peubah tidak mempunyai hubungan. Outcome yang di harapkan yaitu Meningkatkan Brand Image Perusahaan dan loyalitas konsumen meningkat.id
dc.titleKajian Efektivitas Program CSR (Corporate Social Responsibility) Yayasan Unilever Indonesia (Studi Kasus : Pasar Minggu, Jakarta)id


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record