Show simple item record

dc.contributor.advisorWidhiani, Anita Primaswari
dc.contributor.advisorNuraisyah, Ani
dc.contributor.authorFebriani, Puspa Indria
dc.date.accessioned2022-08-25T03:53:28Z
dc.date.available2022-08-25T03:53:28Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114026
dc.description.abstractPerkembangan zaman memicu iklan konvensional menjadi tidak terlalu efektif. Salah satu alternatif strategi yang dapat diterapkan adalah product placement. Pada awal pandemi Covid-19, PT Mayora Indah Tbk mengalami penurunan pendapatan. Sehingga pada awal tahun 2021, perseroan menerapkan product placement Kopiko dalam drama Korea Vincenzo untuk menciptakan demand creation demi meningkatkan penjualan. Perseroan memanfaatkan kepopuleran Korean Wave di Indonesia untuk mendapatkan minat pasar lokal akan produk Kopiko kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi terkait product placement permen Kopiko dalam drama korea Vincenzo terhadap keputusan pembelian serta memberikan rekomendasi pertimbangan manajerial yang tepat untuk PT. Mayora Indah, Tbk maupun perusahaan / brand yang ingin menerapkan strategi product placement pada drama Korea. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif melalui metode survei dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terkait product placement permen Kopiko memiliki dampak dalam kategori moderat terhadap keputusan pembelian. Strategi product placement dalam drama Korea tidak disarankan untuk diterapkan kembali oleh PT Mayora Indah Tbk maupu perusahaan/brand yang ingin meningkatkan permintaan produk. Namun lebih direkomendasikan untuk tujuan meningkatkan image positif, memunculkan ingatan atau minat konsumen kembali, pengenalan produk serta memperluas pangsa pasar global. Jika ingin tetap menerapkan strategi tersebut lebih difokuskan pada dimensi dan indikator yang memiliki dampak yang lebih besar.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleKajian Persepsi Terkait Product Placement Permen Kopiko Dalam Drama Korea Vincenzo Terhadap Keputusan Pembelianid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keyworddrama koreaid
dc.subject.keywordkeputusan pembelianid
dc.subject.keywordpenempatan produkid
dc.subject.keywordkorean dramaid
dc.subject.keywordproduct placementid
dc.subject.keywordpurchased decisionid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record