Show simple item record

dc.contributor.advisorSiregar, Edward Halomoan
dc.contributor.authorPadang, Theresya Glorya
dc.date.accessioned2022-08-20T23:41:09Z
dc.date.available2022-08-20T23:41:09Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/113848
dc.description.abstractIndonesia memiliki banyak destinasi wisata yang menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Taman Wisata Iman (TWI) merupakan gabungan konsep wisata alam dan wisata buatan bertema rohani yang menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Dairi dan sedang mengalami penurunan jumlah pengunjung dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, perlu dirumuskan strategi pengembangan usaha untuk memperbaiki model bisnis sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi model bisnis yang diterapkan oleh TWI saat ini dengan metode Business Model Canvas (BMC), (2) menganalisis faktor kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman (SWOT) dari setiap elemen BMC TWI, dan (3) merumuskan strategi pengembangan bisnis yang sesuai bagi TWI. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis BMC dan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah berupa rekomendasi strategi yang dapat diimplementasikan sebagai upaya meningkatkan jumlah pengunjung sehingga bisnis pariwisata TWI dapat mengalami kemajuan.id
dc.description.abstractIndonesia has many tourist destinations that attract the attention of tourists, both local and foreign. Taman Wisata Iman (TWI) is a combination of the concept of nature tourism and artificial tourism with spiritual-themed, which is one of the sources of Dairi Regency's Original Local Government Revenue (PAD) and has experienced a decline in the number of visitors in recent years. Therefore, it is necessary to formulate a business development strategy to improve the business model so that the company's goals can be achieved optimally. The aims of this study are (1) to identify the business model currently applied by TWI using the Business Model Canvas (BMC) method, (2) to analyze the strengths and weaknesses, as well as opportunities and threats (SWOT) of each element of TWI's BMC, and ( 3) to formulate a suitable business development strategy for TWI. Collecting data in this study using observation techniques, in-depth interviews and literature study. This study uses a qualitative approach with BMC analysis and SWOT analysis methods. The results of this study are in the form of strategic recommendations that can be implemented as an effort to increase the number of visitors so that TWI can progress.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pengembangan Model Bisnis dalam Sektor Pariwisata (Studi Kasus Taman Wisata Iman, Dairi)id
dc.title.alternativeBusiness Model Development Strategy in the Tourism Sector (Case Study of Taman Wisata Iman, Dairi)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordbusiness model canvasid
dc.subject.keywordstrategyid
dc.subject.keywordtourismid
dc.subject.keywordSWOTid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record