dc.description.abstract | Talas merupakan komoditas yang potensial untuk dikembangkan karena
memiliki nilai ekonomi dan nutrisi yang tinggi. Salah satu negara tujuan eksportir
talas Indonesia yang potensial adalah Jepang. Indonesia perlu melakukan analisis
posisi dan daya saing talas di dunia dan Jepang diantara negara pesaing serta
pelaung pasarnya ke Jepang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis struktur
pasar, keunggulan komparatif dan kompetitif talas Indonesia di pasar Internasional
dan Jepang beserta peluang pasarnya. Analisis dilakukan pada periode tahun 2013
hingga 2020 menggunakan metode Herfindahl Index (HI), Concentration Ratio
(CR4), dan Revealed Comparative Advantage (RCA). Hasil analisis menunjukan
struktur pasar talas Internasional adalah oligopoli. Sedangkan struktur pasar Jepang
adalah Monopoli cenderung Oligopoli. Indonesia tidak memiliki keunggulan
komparatif di pasar Jepang, sedangkan di pasar Internasional Indonesia memiliki
keunggulan komperatif yang relatif lemah. Talas Indonesia berada pada posisi pasar
falling star di Jepang dan dunia yang merupakan posisi pasar yang belum ideal.
Talas Indonesia berpotensi dan memiliki peluang untuk meningkatkan pangsa
ekspor di pasar Jepang sehingga diperlukan strategi untuk mencapai hal tersebut. | id |