Strategi Pengembangan Usaha Komoditas Madu (Studi Kasus Rumah Madu Wilbi)
Abstract
Madu adalah salah satu produk hutan non kayu dibuat oleh lebah madu (Apis dorsata). Rumah Madu Wilbi merupakan usaha kecil yang bergerak dalam bidang pengolahan hasil lebah madu alam Riau. Rumah Madu Wilbi mengalami permasalahan pada penjualan, pemasaran produk dan peningkatan persaingan usaha madu. Oleh sebab itu usaha ini perlu menentukan strategi pengembangan untuk mencapai keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini adalah: (1)Mengetahui gambaran model bisnis Rumah Madu Wilbi saat ini ditinjau menggunakan BMC, (2)Menganalisis hubungan karakteristik responden terhadap segementasi pelanggan Rumah Madu Wilbi, (3)Menganalisis faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari setiap elemen BMC Rumah Madu Wilbi, (4)Merekomendasi alternatif strategi yang sesuai bagi perusahaan untuk menyempurnakan model bisnis tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi literatur. Metode pengolahan data yang digunakan yaitu analisis BMC, SWOT, Chi-square, Matriks IFE, EFE, IE, dan QSPM sehingga memberikan strategi alternatif prioritas terbaik bagi usaha. Berdasarkan hasil penelitian, prioritas strategis terbaik yang dilakukan dengan memperluas pemasaran melalui media sosial seperti Facebook, Tiktok, Youtube. Rumah Madu Wilbi masih memerlukan perbaikan pada elemen segmentasi pelanggan, saluran, mitra kunci, sumberdaya kunci, hubungan pelanggan, aktivitas kunci dan struktur keuangan dalam upaya pengembangan usahanya.
Collections
- UT - Management [3455]