dc.description.abstract | Pengelola wisata Pantai Menganti memilih menggunakan instagram dalam
melakukan kegiatan promosinya. Penggunaan media sosial instagram dipilih
karena instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat populer di
kalangan masyarakat. Tujuan penelitian adalah menganalisis efektivitas instagram
sebagai media promosi, menganalisis hubungan karakteristik followers dengan
tingkat keterdedahan media sosial pada akun instagram @mengantikebumen, dan
menganalisis hubungan tingkat keterdedahan media sosial instagram dengan
efektivitas media promosi. Responden penelitian sebanyak 70 responden
merupakan followers @mengantikebumen. Teknik pengumpulan data melalui
kuisioner online yang disebar ke followers instagram @mengantikebumen melalui
direct message. Data dianalisis menggunakan uji korelasi rank Spearman dan ChiSquare. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media sosial instagram
sebagai media promosi efektif dalam memengaruhi perhatian (attention),
ketertarikan (interest), dan rasa ingin tahu (search) dari followers instagram. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan nyata antara karakteristik
followers dengan keterdedahan media sosial. Hasil penelitian juga menunjukkan
bahwa keterdedahan media sosial memiliki hubungan nyata dengan efektivitas
instagram. | id |