Pengaruh Pengetahuan dan Word of Mouth terhadap Sikap dan Minat Beli Produk Ramah Lingkungan
Abstract
Sikap dan minat beli produk ramah lingkungan merupakan salah satu
implementasi dari masyarakat yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.
Informasi mengenai lingkungan dan word of mouth telah tersebar luas serta mudah
ditemukan di berbagai media, terutama media sosial. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis hubungan karakteristik responden dengan pengetahuan
lingkungan, word of mouth¸ sikap peduli lingkungan, dan minat beli produk ramah
lingkungan. Selain itu, menganalisis pengaruh pengetahuan lingkungan dan word
of mouth terhadap sikap peduli lingkungan dan minat beli produk ramah
lingkungan. Penelitian ini menggunakan mix methods. Penelitian kuantitatif
dilakukan dengan teknik survei online pada 159 orang responden. Penelitian
kualitatif dilakukan dengan in-depth interview dengan 10 orang responden yang
dipilih menggunakan teknik purposive sampling serta observasi pada retail online
dan offline. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 25.0 dan SEM LISREL 8.80. Hasil uji hubungan menunjukkan terdapat hubungan signifikan
antara usia, pekerjaan, dan rata-rata pengeluaran dengan minat beli produk ramah
lingkungan. Hasil analisis SEM pada penelitian juga menunjukkan pengaruh positif
signifikan antara pengetahuan lingkungan dan word of mouth terhadap sikap peduli
lingkungan dan minat beli produk ramah lingkungan, serta menunjukkan pengaruh
signifikan secara positif antara sikap peduli lingkungan terhadap minat beli produk
ramah lingkungan. Oleh karena itu, masyarakat perlu meningkatkan pengetahuan
mengenai lingkungan, diharapkan juga masyarakat dapat membagikan ulasan
produk sebagai referensi bagi calon konsumen lain sebelum membeli produk
tersebut. Hasil penelitian juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan minat beli
produk ramah lingkungan di Indonesia. Diharapkan pemerintah dan organisasi
terkait lingkungan dapat bekerja sama dalam menyebarluaskan informasi mengenai
lingkungan yang aktual dan terkini. The attitude and intention to buy green products is one of the implementations
of a society responsible for the environment. Information about the environment
and word of mouth has spread widely and is easy to find on social media. This study
analyzed the relationship between respondent characteristics and environmental
knowledge, word of mouth, environmental attitudes, and intention to buy green
products. It also analyzed the influence of environmental knowledge and word of
mouth on environmental attitudes and intention to buy green products. This
research uses mixed methods. Quantitative research was conducted using an online
survey technique on 159 respondents. Qualitative research was conducted using in depth interviews with ten selected respondents and observations of online and
offline retailers. Data analysis was performed using SPSS 25.0 and SEM-LISREL
8.80. The relationship test results in this study showed a significant relationship
between age, occupation, and expenditure with an intention to buy green product.
The results of the SEM analysis in the study showed a significant positive influence
between environmental knowledge and word of mouth on environmental attitudes
and intention to buy green products. Also, environmental attitudes showed a
significant positive influence on the intention to buy green products. Therefore, the
community needs to increase its environmental knowledge. The community can
share product reviews as a reference for other potential consumers. The research
results can also be used to increase the intention to purchase green products in
Indonesia. It is hoped that the government and organizations can disseminate
information about the actual and current information.