Analisis Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Konsumen Pengguna Aplikasi ECommerce Pertanian
Date
2020Author
Nusifera, Alfa Nursyamiza
Najib, Mukhamad
Kirbrandoko
Metadata
Show full item recordAbstract
E-Commerce pertanian dengan model bisnis retail memiliki tantangan besar untuk menjadi alternatif distribusi penjualan
dari produk pertanian. Kepuasan dan loyalitas konsumen dapat menjadi strategi bagi perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan
penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik pengguna aplikasi e-commerce pertanian dan
variabel yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hal itu dilakukan dengan survei di wilayah Jabodetabek,
Indonesia. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner dengan metode convenience sampling kepada 170 responden.
Mayoritas responden adalah wanita dengan rentang usia 20-30 tahun. Pemodelan Persamaan Struktural (SEM)
hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas informasi, desain, respon, keamanan, pengiriman pada
kepuasan, dan kepuasan dengan loyalitas. Di sisi lain, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan, pembayaran,
layanan pengguna, dan kepuasan. Perusahaan dapat membuat program loyalitas untuk meningkatkan retensi pembelian produk di
perdagangan elektronik pertanian.
Collections
- MT - Business [1569]