dc.contributor.advisor | Hubeis, Musa | |
dc.contributor.author | Ridwan, Robby | |
dc.date.accessioned | 2022-03-01T23:57:47Z | |
dc.date.available | 2022-03-01T23:57:47Z | |
dc.date.issued | 2022 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111258 | |
dc.description.abstract | Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan bidang usaha potensial dalam
pengembangan ekonomi nasional, yang ditunjukkan kontribusinya 57,8% terhadap Pendapatan
Domestik Bruto (PDB). Namun dalam pengembangannya menemui berbagai kendala baik
teknis maupun non teknis. Dalam hal ini, UKM pada sektor riil pada sektor tektstil ditemui
masalah seperti modal yang terbatas, tenaga kerja berasal dari anggota keluarga dan atau
masyarakat sekitar, dan pemilik atau pengelola industri biasanya kepala rumah tangga atau
anggota keluarganya. Dalam penelitian ini, diteliti salah satu UKM dibidang tekstil, yaitu Aero
Textile. Aero Textile merupakan usaha yang beroperasi pada tahun 2020 dengan lokasi di Jl.
Lodaya I No.4, RT.03/RW.01, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal usaha
dengan Business Model Canvas (BMC), dan menganalisis strategi dengan metode Strength,
Weakness, Opportunity, dan Threat. (SWOT) untuk melihat persaingan dengan usaha sejenis
di Kota Bogor, dan menyusun strategi yang dilakukan oleh Aero Textile kedepannya. Penelitian
ini menggunakan Teknik sampling tidak acak (non-probability sampling), yaitu sensus terhadap
empat informan diperusahaan tersebut (pemilik dan pekerja). Teknik analisis data yang
digunakan adalah pendekatan deskriptif, Teknik BMC dan SWOT. Hasil penelitian ini adalah
strategi yang diprioritaskan dalam pemasaran melalui digital marketing dengan menggunakan
diskon paket sebagai bentuk promosi yang dijalankan, maka pada BMC Aero Textile dilakukan
pembaharuan pada dua unsur bisnis berikut, yaitu aktivitas kunci dan hubungan pelanggan | id |
dc.description.abstract | Small and Medium Enterprises (SMEs) are potential business sector for developing the
national economy, which is shown to have contributed 57.8% to Gross Domestic Product
(GDP). However, in its development, SMEs ecountered various obstacles, both technical and
non-technical. In this case, SMEs in real sector encounter problems such as very limited capital,
labor comes from family members and / or the surrounding community, and the owner or
manager of the industry is usually the head of the household of family member. In this study
case, one of SMEs in the textile sector be studied which is Aero Textile. Aero Textile operates
in 2020 with location on Jl. Lodaya I No.4 RT.03/RW.01, Babakan, Central Bogor District,
Bogor City, West Java. This research aims to identify internal and external business factors
with a Business Model Canvas (BMC), and analyse the strategies using the methods of Strength,
Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT). To see the business competition with similar
businesses in Bogor City, and provide recommendations for future strategies for Aero Textile.
This study use non probability sampling technique, namely census from all informants in the
company (owners and worker). The data analysis technique that be used are a descriptive
approach, BMC, and SWOT techniques. The result of this research is the strategy that is
prioritized in marketing through digital marketing by using bundle discounts as a form of
promotion that is carried out, then at BMC Aero Textile it is carried out on the following two
business matters, namely key activities and customer relations | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.title | Strategi Pengambangan Usaha Kecil dan Menengah Toko Kain Aero Textile di Kota Bogor | id |
dc.title.alternative | Strategy for Development of Small and Medium Enterprises of Aero Textile Textiles Stores in Bogor City | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | Business Model | id |
dc.subject.keyword | SMEs | id |
dc.subject.keyword | Strategy | id |
dc.subject.keyword | Textiles | id |