Pengaruh E-Service Quality Terhadap Purchase Intention dan Purchase Decision di Shopee Pada Masa Pandemi COVID-19
Abstract
Perkembangan teknologi informasi sangat pesat dengan adanya internet
membuat gaya hidup belanja seseorang berubah. Kondisi pandemi COVID-19
membuat seseorang mengutamakan belanja online karena adanya dampak
pembatasan sosial dan fisik. Ditengah persaingan yang ketat diantara e-commerce
membuat Shopee harus meningkatkan keunggulan dalam bersaing untuk menarik
konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality
dalam purchase intention dan purchase decision. Metode penarikan sampel yang
digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 400 responden. Analisis yang digunakan adalah
analisis deskriptif dan stuctural equation model-partial least square. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa variabel security/privacy dan variabel website
design berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel purchase
intention dan purchase decision. Sedangkan variabel compensation, fulfillment,
dan responsiveness tidak berpengaruh terhadap keduanya. Purchase intention
berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap purchase decision.
Collections
- UT - Management [3455]