Show simple item record

dc.contributor.advisorFahmi, Idqan
dc.contributor.advisorSasongko, Hendro
dc.contributor.authorGunawan, Gunawan
dc.date.accessioned2022-02-24T01:50:24Z
dc.date.available2022-02-24T01:50:24Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111220
dc.description.abstractPerguruan tinggi dituntut untuk terus adaptif dalam mencapai tujuan institusional dan tetap memastikan efisiensi proses dan operasionalnya. Kebutuhan untuk pengurangan biaya yang agresif, peningkatan kualitas layanan internal dan eksternal, ataupun informasi akurat yang menjadi dasar keputusan pengelola perguruan tinggi dalam mencapai fleksibilitas dan efisiensi biaya untuk menghadapi persaingan. Efisiensi tersebut dapat dicapai apabila pengelolaan aktifitas-aktifitas yang menggunakan sumber daya dapat ditata dengan baik. Aktivitas-aktivitas dalam proses bisnis pada penyelenggaraan pendidikan tinggi dalam dua tahun terakhir ini juga dituntut adaptif dengan adanya pandemi Covid-19. Salah satu hal baru yang adaptif terhadap kondisi tersebut adalah penerapan metode metode pembelajaran dalam jaringan (daring) atau yang berbasis internet (E-Learning). Bagi Unit Pengelola Program Studi XYZ (UPPS XYZ) kondisi saat ini dapat menjadi peluang sebagai dorongan untuk melakukan peningkatan aktivitas agar menjadi lebih adaptif dalam menghadapi perubahan. Saat ini, tantangan utama yang harus dihadapi oleh UPPS XYZ adalah persaingan antar perguruan tinggi, tantangan kemandirian pengelolaan sebagai bagian dari perguruan tinggi yang berstatus PTN-BH, serta tantangan untuk senantiasa mengemban Tridharma perguruan tinggi dengan baik. Strategi-strategi yang dirumuskan untuk menghadapi hal tersebut di atas harus sesuai dengan karakteristik aktivitas dalam proses bisnis yang ada di UPPS XYZ. Tidak hanya aktivitas, tetapi faktor lain yang menyertai dalam proses penyelenggaraan pendidikan juga harus diperhatikan, yaitu biaya dan sumberdaya. Untuk menganalisis hal tersebut, maka pendekatan Activity Based Management (ABM) yang diawali dengan tahapan Activity Based Costing (ABC) dapat digunakan, mengingat informasi yang dihasilkan dari analisis ABC tersebut kemudian digunakan untuk menghasilkan strategi perbaikan serta evaluasi efektifitas pada setiap proses dan aktivitas. Tahapan berikutnya setelah analisis biaya adalah analisis aktivitas yang bertujuan untuk mengelompokkan aktivitas-aktivitas dari penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bernilai tambah (Value-Addes Activities) dan aktivitas yang tidak bernilai tambah (Non Value-Added Activities). Hasil ABC didapatkan bahwa biaya pendidikan per unit mahasiswa pada UPPS XYZ terdiri dari biaya langsung atau biaya Proses Belajar Mengajar (PBM), dan biaya tidak langsung atau pendukung PBM. Hasil penghitungan biaya pendidikan per mahasiswa per semester dengan pendekatan ABC pada penyelenggaraan kelas luring untuk program sarjana adalah Rp. 7.578.871 per mahasiswa per semester, pada program magister kelas pagi biaya pendidikan sebesar Rp 14.887.226 per mahasiswa per semester, program magister kelas sore didapatkan hasil biaya pendidikan sebesar Rp. 16.013.294 per mahasiswa per semester, dan pada program doktor hasil penghitungan dengan pendekatan ABC menghasilkan biaya pendidikan sebesar Rp. 19.377.623 per mahasiswa per semester. Adapun hasil Perhitungan biaya pendidikan per mahasiswa per semester dengan pendekatan ABC pada metode daring untuk kelas Program Studi Sarjana adalah Rp 6.078.075, Program Magister kelas pagi sebesar Rp 10.160.920, Program Magister kelas sore sebesar Rp 10.320.632 dan Program Doktor sebesar Rp 15.117.567 per mahasiswa per semester. Perbedaan besaran biaya pendidikan metode pembelajaran luring dengan daring antara lain karena ada beberapa aktivitas yang tidak ada di metode daring tetapi ada di luring. Selain itu juga terdapat beberapa biaya yang tidak ditimbulkan dari suatu aktivitas pada pembelajaran daring. Namun demikian, batasan pada penelitian ini tidak menganalisis biaya yang ditimbulkan dari adanya aktivitas Work From Home oleh tenaga pengajar. Dari hasil analisis aktivitas, salah satu aktivitas yang termasuk dalam Non Value-Added Activities adalah pemberian konsumsi bagi mahasiswa. Aktivitas pemberian konsumsi kepada mahasiswa merupakan aktivitas yang dapat dieliminasi. Namun demikian, strategi eliminasi suatu aktivitas dalam lingkup penyelenggaraan pendidikan tinggi ini juga harus tidak mengurangi nilai bagi mahasiswa. Dalam kasus ini UPPS XYZ sebaiknya menyediakan fasilitas pendukung seperti kantin di sekitar kampus untuk kebutuhan konsumsi mahasiswa. Beberapa strategi dalam upaya pelaksanaan ABM pada UPPS XYZ yaitu antara lain: melakukan penataan dan penetapan aktivitas-aktivitas utama kedalam suatu standar yang baku namun tetap adaptif terhadap kebijakan baru. Standar baku tersebut memuat seluruh proses bisnis yang terjadi dan saling berkesinambungan untuk aktivitas-aktivitas yang ada di dalamnya. Selain itu, strategi optimalisasi pendapatan menjadi sangat penting selama masih menjaga amanat undang-undang dan peraturan yang berlaku. Perbaikan yang dapat dilakukan dalam kelompok aktivitas ini adalah dengan mengoptimalkan kapasitas mahasiswa dalam satu kelas, baik untuk program sarjana, magister maupun doktor dengan tetap harus mempertimbangkan tingkat kenyamanan mahasiswa, sumberdaya yang dimiliki, sarana dan prasarana serta kriteria dalam penjaminan mutu. Pemanfaatan teknologi digital dan informasi juga dapat digunakan untuk pengembangan produk baru. Adanya metode pembelajaran daring akibat dari adanya pandemik covid19 ini juga memunculkan ide terhadap model-model pembelajaran yang dapat ditawarkan. Untuk itu rumusan konsep-konsep jenis kelas dengan mekanisme dan struktur biaya yang berbeda sesuai dengan aktivitas yang dilakukan dapat ditawarkan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePendekatan Activity-Based Management Pada Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi (Unit Pengelola Program Studi XYZ)id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordABMid
dc.subject.keywordABCid
dc.subject.keywordEfisiensiid
dc.subject.keywordStrategi Pengelolaan Perguruan Tinggiid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record