Analisis Pengembangan Strategi Operasional Bisnis Cafe Hidden Yard Coffee and Kitchen Dalam Memasuki Era New Normal
Analysis Of Cafe Hidden Yard Coffee and Kitchen Business Operational Strategy Development In Facing The New Normal Era
View/ Open
Date
2021-12Author
Pranidia, Indah Srihayatiah
Fewidarto, Pramono D
Metadata
Show full item recordAbstract
Munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020 memberi dampak sangat besar bagi perekonomian dan perubahan gaya hidup masyarakat. Cafe HY salah satu yang terkena dampak, sehingga diperlukan sebuah strategi pengembangan operasional bisnis dalam memasuki era New Normal. Tujuan penelitian yaitu (1) Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal bisnis Cafe HY dalam menghadapi era New Normal; (2) Merumuskan berbagai alternatif strategi pengembangan operasional bisnis dan menganalisis strategi prioritas untuk diterapkan oleh Cafe HY dalam menghadapi era New Normal dan; (3) Merekomendasikan implementasi strategi terpilih untuk diterapkan oleh Cafe HY dalam menghadapi era New Normal. Hasil identifikasi SWOT dianalisis dengan Matriks IFE, EFE, IE, dan QSP. Matriks IFE dan EFE menunjukan Cafe HY berdasarkan kondisi lingkungan internal dan eksternalnya lemah untuk merespon tuntutan perubahan lingkungan bisnis. Terdapat tiga alternatif strategi yang diperoleh berdasarkan hasil matriks IE yang telah disesuaikan dengan hasil matriks IFE dan EFE. Rekomendasi strategi prioritas yang diperoleh dari matriks QSP yaitu memaksimalkan pemanfaatan aplikasi dan platform digital sebagai sarana transaksi serta promosi dan iklan, dengan nilai STAS 3,50.
Collections
- Management [64]