Show simple item record

KERIPIK CEK SAM BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY IN THE NEW NORMAL ERA WITH A BUSINESS MODEL CANVAS APPROACH

dc.contributor.authorAyuby, Muhammad Rizal
dc.contributor.authorFewidarto, Pramono Djoko
dc.date.accessioned2022-02-14T05:50:59Z
dc.date.available2022-02-14T05:50:59Z
dc.date.issued2021-12
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111158
dc.description.abstractUsaha Keripik Cek Sam merupakan industri pengolahan keripik bidang pertanian di Saree, Aceh Besar. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan pendapatan usaha, perubahan perilaku konsumen dan kebijakan protokol kesehatan sehingga membuat kegiatan operasional usaha Keripik Cek Sam berubah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi profil usaha dan memetakan usaha Keripik Cek Sam ke dalam Business Model Canvas (BMC). (2) Menganalisis potensi dan prospek pengembangan usaha Keripik Cek Sam pada era new normal. (3) Menyusun strategi pengembangan usaha Keripik Cek Sam dalam bentuk BMC. Metode yang digunakan adalah metode BMC. Hasil strategi pengembangan usaha Keripik Cek Sam dalam bentuk BMC menunjukkan bahwa adanya proposisi nilai baru untuk meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan yaitu jaminan kualitas dan kehalalan, jaminan higienis dan sanitasi, inovasi produk yang menyehatkan, dan penggunaan layanan online sebagai saluran baru. Hal tersebut mempengaruhi aktivitas kunci dan sumber daya utama pada usaha Keripik Cek Sam. Selain itu, usaha perlu menjalin kemitraan dengan petani, jasa ekspedisi, dan marketplace untuk memperluas segmentasi pelanggan. Penerapan strategi pengembangan yang baru pada usaha Keripik Cek Sam dapat meningkatkan biaya investasi sebesar Rp63.439.000 dan biaya operasional sebesar Rp1.394.817.300 per tahun, serta meningkatkan pendapatan sebesar Rp2.705.192.000.id
dc.language.isoidid
dc.titleStrategi Pengembangan Usaha Keripik Cek Sam Pada Era New Normal Dengan Pendekatan Business Model Canvasid
dc.titleKERIPIK CEK SAM BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY IN THE NEW NORMAL ERA WITH A BUSINESS MODEL CANVAS APPROACH
dc.typeArticleid
dc.subject.keywordBMCid
dc.subject.keywordcovid-19id
dc.subject.keywordnew normalid
dc.subject.keywordpotentialid
dc.subject.keywordprospectid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record