View Item 
      •   IPB Repository
      • IPBana
      • Articles
      • Faculty of Economics and Management
      • Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • IPBana
      • Articles
      • Faculty of Economics and Management
      • Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Strategi Pengembangan Usaha Keripik Cek Sam Pada Era New Normal Dengan Pendekatan Business Model Canvas

      KERIPIK CEK SAM BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY IN THE NEW NORMAL ERA WITH A BUSINESS MODEL CANVAS APPROACH

      No Thumbnail [100%x80]
      View/Open
      Fullteks (871.0Kb)
      Date
      2021-12
      Author
      Ayuby, Muhammad Rizal
      Fewidarto, Pramono Djoko
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Usaha Keripik Cek Sam merupakan industri pengolahan keripik bidang pertanian di Saree, Aceh Besar. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan pendapatan usaha, perubahan perilaku konsumen dan kebijakan protokol kesehatan sehingga membuat kegiatan operasional usaha Keripik Cek Sam berubah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi profil usaha dan memetakan usaha Keripik Cek Sam ke dalam Business Model Canvas (BMC). (2) Menganalisis potensi dan prospek pengembangan usaha Keripik Cek Sam pada era new normal. (3) Menyusun strategi pengembangan usaha Keripik Cek Sam dalam bentuk BMC. Metode yang digunakan adalah metode BMC. Hasil strategi pengembangan usaha Keripik Cek Sam dalam bentuk BMC menunjukkan bahwa adanya proposisi nilai baru untuk meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan yaitu jaminan kualitas dan kehalalan, jaminan higienis dan sanitasi, inovasi produk yang menyehatkan, dan penggunaan layanan online sebagai saluran baru. Hal tersebut mempengaruhi aktivitas kunci dan sumber daya utama pada usaha Keripik Cek Sam. Selain itu, usaha perlu menjalin kemitraan dengan petani, jasa ekspedisi, dan marketplace untuk memperluas segmentasi pelanggan. Penerapan strategi pengembangan yang baru pada usaha Keripik Cek Sam dapat meningkatkan biaya investasi sebesar Rp63.439.000 dan biaya operasional sebesar Rp1.394.817.300 per tahun, serta meningkatkan pendapatan sebesar Rp2.705.192.000.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111158
      Collections
      • Management [64]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      NoThumbnail