Strategi Pengembangan Usaha Keripik Cek Sam Pada Era New Normal Dengan Pendekatan Business Model Canvas
KERIPIK CEK SAM BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY IN THE NEW NORMAL ERA WITH A BUSINESS MODEL CANVAS APPROACH
View/ Open
Date
2021-12Author
Ayuby, Muhammad Rizal
Fewidarto, Pramono Djoko
Metadata
Show full item recordAbstract
Usaha Keripik Cek Sam merupakan industri pengolahan keripik bidang pertanian di Saree, Aceh Besar. Adanya
pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan pendapatan usaha, perubahan perilaku konsumen dan kebijakan protokol
kesehatan sehingga membuat kegiatan operasional usaha Keripik Cek Sam berubah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)
Mengidentifikasi profil usaha dan memetakan usaha Keripik Cek Sam ke dalam Business Model Canvas (BMC). (2)
Menganalisis potensi dan prospek pengembangan usaha Keripik Cek Sam pada era new normal. (3) Menyusun strategi
pengembangan usaha Keripik Cek Sam dalam bentuk BMC. Metode yang digunakan adalah metode BMC. Hasil
strategi pengembangan usaha Keripik Cek Sam dalam bentuk BMC menunjukkan bahwa adanya proposisi nilai baru
untuk meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan yaitu jaminan kualitas dan kehalalan, jaminan higienis dan
sanitasi, inovasi produk yang menyehatkan, dan penggunaan layanan online sebagai saluran baru. Hal tersebut
mempengaruhi aktivitas kunci dan sumber daya utama pada usaha Keripik Cek Sam. Selain itu, usaha perlu menjalin
kemitraan dengan petani, jasa ekspedisi, dan marketplace untuk memperluas segmentasi pelanggan. Penerapan strategi
pengembangan yang baru pada usaha Keripik Cek Sam dapat meningkatkan biaya investasi sebesar Rp63.439.000 dan
biaya operasional sebesar Rp1.394.817.300 per tahun, serta meningkatkan pendapatan sebesar Rp2.705.192.000.
Collections
- Management [64]