dc.description.abstract | Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang kuliner merupakan kegiatan
agroindustri yang memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Para
pelaku UMKM saat pandemi Covid-19 dapat memanfaatkan media digital dalam
upaya memasarkan produknya agar konsumen semakin mengenal produk yang
dihasilkan UMKM tersebut. Tujuan penelitian adalah menganalisis efektivitas
instagram sebagai media promosi produk Es Teh Indonesia, menganalisis
hubungan karakteristik konsumen dan keterdedahan media sosial dengan
efektivitas media promosi produk olahan pertanian Es Teh Indonesia. Penelitian ini
menggunakan metode survei menggunakan kuesioner data kualitatif. Sampel yang
digunakan dalam penelitian berjumlah 45 orang responden. Hasil dari penelitian
menunjukkan, bahwa instagram efektif dalam menstimulasi tahap perhatian,
meningkatkan ketertarikan, menimbulkan keinginan untuk membeli hingga
terjadinya tindakan untuk membeli produk. Karakteristik umumnya berkorelasi
nyata dengan efektivitas instagram sebagai media promosi, hanya indikator usia
dengan indikator interest, indikator tingkat Pendidikan dan pendapatan per bulan
dengan indikator action yang tidak berkorelasi nyata. keterdedahan media sosial
berkorelasi sangat nyata dengan efektivitas instagram sebagai media promosi. | id |
dc.description.sponsorship | ABSTRAK
SAFITRIYAH. Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian Es Teh Indonesia. Di bawah bimbingan AMIRUDDIN SALEH.
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang kuliner merupakan kegiatan agroindustri yang memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Para pelaku UMKM saat pandemi Covid-19 dapat memanfaatkan media digital dalam upaya memasarkan produknya agar konsumen semakin mengenal produk yang dihasilkan UMKM tersebut. Tujuan penelitian adalah menganalisis efektivitas instagram sebagai media promosi produk Es Teh Indonesia, menganalisis hubungan karakteristik konsumen dan keterdedahan media sosial dengan efektivitas media promosi produk olahan pertanian Es Teh Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode survei menggunakan kuesioner data kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 45 orang responden. Hasil dari penelitian menunjukkan, bahwa instagram efektif dalam menstimulasi tahap perhatian, meningkatkan ketertarikan, menimbulkan keinginan untuk membeli hingga terjadinya tindakan untuk membeli produk. Karakteristik umumnya berkorelasi nyata dengan efektivitas instagram sebagai media promosi, hanya indikator usia dengan indikator interest, indikator tingkat Pendidikan dan pendapatan per bulan dengan indikator action yang tidak berkorelasi nyata. keterdedahan media sosial berkorelasi sangat nyata dengan efektivitas instagram sebagai media promosi.
Kata kunci: instagram, media promosi, pamdemi, usaha mikro menengah
ABSTRACT
SAFITRIYAH. The effectiveness of Instagram as a Promoting Media for Processed Agricultural Products. Under the guidance of AMIRUDDIN SALEH.
Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in the culinary sector are agro-industry activities that have an important role in the national economy. During the Covid-19 teh pandemic, MSME actors can take advantage of digital media in an effort to market their products so that consumers are more familiar with theis as. The purposes of the study are to analyze the effectiveness of Instagram as a promotional medium for Indonesian Ice Tea products, to analyze the relationship between consumer characteristics and exposure to social media with the effectiveness of promotion media for Indonesian Ice Tea agricultural products. This study used a survey method using a qualitative data questionnaire. The sample used in the study amounted to 45 respondents. The results of this study indicate that Instagram is effective in stimulating the attention stage, increasing interest, generating a desire to buy to the occurrence of actions to buy up products. The general characteristics are significantly correlated with the effectiveness of Instagram as a promotional media, only the age indicator with the interest indicator, the education level indicator and monthly income with the action indicator are not significantly correlated. The exposure of social media is very significantly correlated with the effectiveness of Instagram as a promotional medium.
Keywords: instagram, pandemic, promotion media, small and medium micro enterprises | id |