Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian Es Teh Indonesia
Abstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang kuliner merupakan kegiatan
agroindustri yang memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Para
pelaku UMKM saat pandemi Covid-19 dapat memanfaatkan media digital dalam
upaya memasarkan produknya agar konsumen semakin mengenal produk yang
dihasilkan UMKM tersebut. Tujuan penelitian adalah menganalisis efektivitas
instagram sebagai media promosi produk Es Teh Indonesia, menganalisis
hubungan karakteristik konsumen dan keterdedahan media sosial dengan
efektivitas media promosi produk olahan pertanian Es Teh Indonesia. Penelitian ini
menggunakan metode survei menggunakan kuesioner data kualitatif. Sampel yang
digunakan dalam penelitian berjumlah 45 orang responden. Hasil dari penelitian
menunjukkan, bahwa instagram efektif dalam menstimulasi tahap perhatian,
meningkatkan ketertarikan, menimbulkan keinginan untuk membeli hingga
terjadinya tindakan untuk membeli produk. Karakteristik umumnya berkorelasi
nyata dengan efektivitas instagram sebagai media promosi, hanya indikator usia
dengan indikator interest, indikator tingkat Pendidikan dan pendapatan per bulan
dengan indikator action yang tidak berkorelasi nyata. keterdedahan media sosial
berkorelasi sangat nyata dengan efektivitas instagram sebagai media promosi.