Pengembangan Produk Minuman Kopi Susu Kafeologi dengan Pendekatan Human-Centered Design
Abstract
Kafeologi merupakan sebuah UMKM produsen kopi susu dalam kemasan
yang masih tergolong produk baru di tengah banyaknya kompetitor sehingga
membutuhkan banyak pengembangan untuk meningkatkan penerimaan konsumen
dan menjadikannya sukses di pasaran. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi
permasalahan pada konsep produk minuman kopi susu dalam kemasan Kafeologi
terkait dengan pengembangan produknya, merancang konsep produk sebagai solusi
yang memiliki kecocokan dengan pasarnya, serta mengevaluasi kesesuaian konsep
produk dengan pasar yang dituju melalui mendekatan Human-Centered Design.
Penelitian ini dilakukan melalui tiga fase yaitu fase inspirasi untuk mengidentifikasi
fokus permasalahan dan penggalian informasi dalam merancang solusi, fase ideasi
untuk pembuatan solusi konsep produk serta fase verifikasi untuk menguji
penerimaan konsep produk. Fokus permasalahan yaitu terkait manfaat, citra produk,
dan segmentasi pasar yang belum spesifik. Solusi konsep produk sebagai produk
minuman penyegar dengan manfaat meningkatkan konsentrasi dan mencegah
penyakit degeneratif. Segmentasi konsumen yaitu memiliki karakteristik berusia
produktif dengan aktivitas padat (16-36 tahun). Hasil verifikasi solusi menunjukkan
konsumen pada segmentasi tersebut menerima dan berminat terhadap produk.
Fokus penting yang memengaruhi minat konsumen pada produk yaitu terkait
kepraktisan, manfaat, dan rasa.