Show simple item record

dc.contributor.advisorHartoyo, Hartoyo
dc.contributor.advisorSuharjo, Budi
dc.contributor.authorKarisadini, Karisadini
dc.date.accessioned2022-01-12T03:28:11Z
dc.date.available2022-01-12T03:28:11Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110580
dc.description.abstractGenerasi Z merupakan individu yang lahir antara tahun 1995-2010 yang saat ini tengah mendominasi populasi penduduk Indonesia. Perilaku dan ketertarikan Generasi Z merupakan hal yang relevan bagi bisnis saat ini dan di masa yang akan datang, dimana generasi ini diprediksi akan menguasai kurang lebih 40 persen pangsa pasar. Pada beberapa tahun terakhir, industri kecantikan di Indonesia menunjukkan perkembangan yang signifikan dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun kedepan. Masuknya Generasi Z ke pasar merupakan fenomena yang perlu diantisipasi oleh pelaku usaha, karena generasi ini dianggap memiliki loyalitas yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model loyalitas konsumen Generasi Z pada produk kecantikan lokal dengan mengikutsertakan faktor-faktor yang diduga dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Adapun faktor-faktor dugaan tersebut meliputi kepuasan konsumen, kepercayaan konsumen, dan etnosentrisme konsumen. Adapun perceived product quality dan perceived value merupakan faktor yang dianggap memengaruhi kepuasan konsumen sehingga kemudian dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Responden pada penelitian ini berjumlah 290 orang, yang merupakan Generasi Z, atau yang lahir antara tahun 1995-2010 serta pernah melakukan pembelian produk kecantikan lokal yaitu lipstik. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebar secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perceived product quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel perceived value. Selain itu, variabel perceived product quality serta perceived value memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Variabel kepuasan konsumen memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kepercayaan konsumen, dan variabel kepuasan konsumen, kepercayaan konsumen dan etnosentrisme konsumen terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen. Beberapa bentuk implikasi manajerial yang dapat dilakukan oleh produsen lipstik lokal adalah dengan meningkatkan research and development produk dalam memformulasikan produk yang memberikan kenyamanan dan mengembangkan pilihan warna-warna baru, meningkatkan kepercayaan konsumen dengan menjamin mutu produk, mengembangkan lini produk atau sub-merek, memperluas jaringan distribusi dan menjamin ketersediaan produk, serta mengembangkan social media marketing.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengembangan Model Loyalitas Konsumen Generasi Z pada Produk Kecantikan Lokalid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordEtnosentrisme Konsumenid
dc.subject.keywordGenerasi Zid
dc.subject.keywordLoyalitas Konsumenid
dc.subject.keywordKepuasan Konsumenid
dc.subject.keywordKepercayaan Konsumenid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record