dc.description.abstract | Peningkatan konsumsi sekam padi untuk biomassa sebagai bahan energi
terbarukan pada co-firing pembangkit listrik di Indonesia memberikan peluang untuk
perusahaan milik daerah menjadi pemasok biomassa. PT Gerbang NTB Emas (PT GNE)
merupakan BUMD yang memiliki akses ke penggilingan di Nusa Tenggara Barat.
Perusahaan ini ingin membangun bisnis sekam padi sebagai bahan biomassa co-firing.
Dalam suatu bisnis tidak lepas dari kelemahan, kendala dan tantangan. oleh karena itu,
perlunya perancangan model bisnis dan strategi yang tepat untuk mempercepat dalam
pengembangan bisnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis dan
merumuskan strategi bisnis sekam padi PT GNE. Penelitian ini menggunakan metode
BMC dan SWOT analisis. Hasil penelitian memberikan gambaran pada sembilan elemen
Business Model Canvas dan perumusan strategi dari bisnis PT Gerbang NTB Emas
melalui SWOT analisis. Selain itu, perlunya strategi untuk mengatasi Business Model
Canvas pada elemen customer segment, channel dan customer relationship untuk
menunjang keberhasilan bisnis sekam padi PT Gerbang NTB Emas. | id |