Show simple item record

dc.contributor.advisorTinaprilla, Netti
dc.contributor.advisorSafari, Arief
dc.contributor.authorArcadia, Galih
dc.date.accessioned2021-12-27T05:40:23Z
dc.date.available2021-12-27T05:40:23Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/110316
dc.description.abstractBisnis laundry sepatu merupakan salah satu jenis UMKM pada bidang fesyen yang termasuk dalam industri kreatif bidang jasa. Permintaan terhadap bisnis laundry sepatu semakin meningkat terutama pada kalangan mahasiswa, pekerja sekaligus Ibu rumah tangga yang memiliki kesibukan. Jasa laundry sepatu menjadi alternatif untuk menghemat waktu dan tenaga. Tingginya tingkat kesibukan ditambah dengan berkembangnya trend dan fesyen mengakibatkan permintaan terhadap jasa layanan laundry sepatu naik pesat yang mendorong banyak orang berbisnis pada bidang jasa serupa. Hal tersebut menimbulkan persaingan yang berdampak penurunan pendapatan. Untuk dapat mempertahankan eksistensi dalam mencapai tujuan suatu unit usaha, maka strategi pengembangan laundry Step’nShu perlu untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor internal dan eksternal terkait penjualan laundry Step’nShu; menganalisis strategi alternatif apa yang dilakukan guna membantu meningkatkan penjualan berdasarkan pengaruh dari masing-masing faktor internal dan eksternal pada laundry sepatu Step’nShu; merumuskan strategi yang menjadi prioritas guna meningkatkan penjualan dan daya saing pada laundry sepatu Step’nShu; dan merumuskan implikasi manajeria untuk meningkatkan penjualan pada laundry sepatu Step’nShu. Penelitian dilakukan dengan alat analisis IFE dan EFE untuk menganalisis faktor internal dan eksternal laundry sepatu Step’nShu, IE matriks melihat dimana posisi Step’nShu, SWOT untuk memetakan aternatif strategi, analisis CPM untuk menunjukkan kepentingan relatif dari faktor untuk menjadi penentu kesuksesan perusahaan dalam industri, QSPM untuk merumuskan prioritas strategi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Responden pada penelitian berjumlah lima orang yang merupakan pemilik, karyawan, ekspert fesyen sedangkan untuk analisis brand equity pada laundry Step’nShu menggunakan 51 orang responden dengan penyebaran kuesioner menggunakan google docs. IE matriks menunjukkan posisi bisnis laundry sepatu Step’nShu berada pada kuadran II yakni pada kondisi tumbuh dan membangun (grow and build)., sehingga grand strategy yang tepat adalah strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk) atau strategi integratif (integrasi ke belakang, integrasi ke depan, dan integrasi horizontal). Hasil formulasi strategi dari analisis SWOT menghasilkan sembilan alternatif strategi yaitu meningkatkan efektivitas pemasaran, memperluas segmen dan target pasar dengan sistem drop point, memaksimalkan promosi di media sosial, melakukan rekrutmen SDM yang terampil, melakukan monitoring terhadap pesaing, mengikuti event tertentu (festival), menggunakan alat berteknologi untuk meningkatkan kualitas pencucian, serta meningkatkan kualitas jasa laundry Step’nShu, dan meningkatkan kualitas dengan proses re-checking Berdasarkan hasil analisis didapat nilai total CPM minimum laundry sepatu Step’nShu sebesar 3.22, ShoesnCare sebesar 2.62, dan Darmawan Shoes sebesar 3.27. Hal tersebut menunjukkan bahwa laundry Step’nShu memiliki kekuatan daya saing lebih tinggi dibandingkan dengan ShoesnCare dan Darmawan Shoes. Pada analisis QSPM menghasilkan strategi prioritas utama yaitu melakukan reposisi memperluas target segmen dengan diferensiasi menggunakan sistem drop point yang dilakukan oleh laundry sepatu Step’nShu diharapkan aktif dan konsistenid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pengembangan Bisnis pada Laundry Sepatu di Kota Bogor (Studi Kasus: Step’nShu Shoes Treatment)id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordEFEid
dc.subject.keywordIFEid
dc.subject.keywordQSPMid
dc.subject.keywordStrategi Pengembanganid
dc.subject.keywordSWOTid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record