Analisis Isi Promosi Produk Kuliner pada Media Social Instagram di Masa Pandemi COVID-19
Abstract
Penetapan physical distancing di Indonesia untuk menekan angka penyebaran
COVID-19, memunculkan wirausahawan kuliner baru yang memanfaatkan media
sosial salah satunya Instagram. Proses promosi hingga transaksi dilakukan dengan
konsumen secara online untuk menekan biaya pemasaran. Penelitian eksploratori ini
bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik akun, kategori elemen kiriman, dan
unsur promosi pada kiriman di akun Instagram bisnis kuliner dengan metode analisis
isi. Teknik purposive sampling digunakan untuk mengambil data primer sebanyak 100
akun Instagram bisnis kuliner yang dibuat sejak bulan April 2020. Kategorisasi data
dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software Microsoft excel 2019,
IBM SPSS Statistics 26, dan NVivo 12 untuk menganalisis data kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 46 akun menjual makanan jenis appetizer.
Sebesar 64% kiriman termasuk dalam kategori elemen foto produk. Elemen produk
yang menjadi daya tarik kiriman belum didukung dengan kejelasan informasi yang baik
dalam keterangan gambar, sehingga promosi produk kuliner tergolong kurang efektif.