Strategi Minimum Viable Marketing pada Online Shop "Serasi"
Abstract
Fenomena munculnya online shop menimbulkan perubahan perilaku belanja masyarakat menjadi tinggi dan lebih konsumtif. Pada November 2020 penjualan Serasi mengalami penurunan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, dan dengan sumber daya manusia serta finansial yang terbatas, Serasi harus dapat tetap bertahan. Penelitian ini bertujuan: (1) mengevaluasi kinerja bauran pemasaran Serasi, (2) menganalisis atribut yang dipentingkan oleh konsumen produk fashion online, dan (3) menganalisis dan merumuskan strategi minimum viable marketing yang dapat diterapkan oleh Serasi. Hasil penelitian menunjukkan atribut pada variabel co- creation, currency, dan conversation menjadi atribut yang fokus untuk diperbaiki dalam rancangan strategi minimum viable marketing Serasi. Perbaikan atribut dilakukan dengan membuat website dan email marketing sebagai fondasi pemasaran, didukung dengan pengayaan konten kreatif di media sosial dan membuat komunitas influencer hijab tak berbayar sebagai amplification channel.
Collections
- UT - Business [319]