Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kelompok Wanita Tani di Desa Cikarawang, Kabupaten Bogor
Abstract
Kelompok Wanita Tani adalah UMKM yang terdiri dari sekumpulan wanita-wanita yang bergerak dalam bidang pertanian. KWT sebagai salah satu UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner yang perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Menganalisis bauran pemasaran yang diterapkan UMKM Kelompok Wanita Tani. (2) Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran UMKM Kelompok Wanita Tani.
(3) Menganalisis alternatif strategi pemasaran yang diterapkan UMKM Kelompok Wanita Tani. Jenis dan sumber yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer data sekunder, yang bersifat kualitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu identifikasi fakto internal dan eksternal (IFE dan EFE)), matriks IE, analisis SWOT dan metode Analythical Hierarchy Process (AHP). Hasil peneltian didapatkan 4 allternatif strategi dengan skor tertitnggi yaitu meningkatkan intensitas promosi melalui media promosi diikuti strategi diferensiasi produk dengan harga jual terjangkau, mempertahankan kualitas produk, dan kemitraan kelembagaan dalam mendukung pengembangan usaha.
Collections
- UT - Management [3455]