Show simple item record

dc.contributor.advisorChasanah, Alfa
dc.contributor.advisorSari, Linda Karlina
dc.contributor.authorBatubara, Simbara
dc.date.accessioned2021-07-08T01:00:25Z
dc.date.available2021-07-08T01:00:25Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107285
dc.description.abstractSalah satu strategi dalam mewujudkan pembangunan ekonomi nasional adalah melalui masyarakat yang terampil dan berpengetahuan yang terbentuk melalui aktivitas literasi. Namun, tingkat literasi masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan dalam meningkatkan aktivitas literasi, merancang model bisnis social entrepreneurship yang tepat untuk memecahkan permasalahan tersebut, dan merancang Minimum Viable Product (MVP) yang sesuai. Penelitian ini menggunakan pendekatan customer development yang befokus pada tahapan customer discovery, dengan alat analisis berupa Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian yang didapat adalah BMC yang terverifikasi beserta MVP aplikasi mobile yang diberi nama Perpus. Perpus hadir sebagai platform literasi berbasis inklusi sosial yang dirancang tidak hanya sebagai pusat informasi, melainkan juga menjadi wadah pengembangan diri dan kreativitas penggunanya. MVP Perpus terbentuk melalui pengujian prototype yang hasilnya dapat diterima menjadi solusi atas permasalahan yang ada.id
dc.description.sponsorshipOne of the strategies in realizing national economic development is through skilled and knowledgeable society formed through literacy activities. However, Indonesian’s literacy level is still relatively low. The purpose of this research is to identify problems in improving literacy activities, design the right social entrepreneurship business model to solve the problems, and design a suitable Minimum Viable Product (MVP). This research uses a customer development approach that focused on the customer discovery stages, with the Business Model Canvas (BMC) as an analysis tool. The research results obtained are verified BMC and MVP of mobile application that is named Perpus. Perpus is a social inclusion-based literacy platform that is designed not only as an information center, but also as a forum for self-development and creativity for the user. The MVP was formed through prototype testing, generating an acceptable solution to the problem.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePerpus: Multiservis Digital Platform untuk Mendukung Aktivitas Literasi Berbasis Inklusi Sosialid
dc.title.alternativePerpus: Multiservice Digital Platform to Support Literacy Activities Based on Social Inclusionid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordBMCid
dc.subject.keywordcustomer discoveryid
dc.subject.keywordliteracy activitiesid
dc.subject.keywordsocial inclusionid
dc.subject.keywordsocial entrepreneurshipid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record