Analisis Faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Jasa Kurir E-marketplace Logistik di Era New Normal
Abstract
Sektor jasa kurir mengalami pertumbuhan secara signifikan seiring dengan
peningkatan tren belanja online akibat terbatasnya mobilitas masyarakat karena
diterapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dikeluarkan oleh
pemerintah. Pelaku bisnis jasa kurir logistik harus mengidentifikasi perilaku
konsumen sehingga dapat menyediakan layanan pengiriman barang yang mampu
menjawab kebutuhan konsumen. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui
karakteristik responden serta menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
keputusan konsumen memilih jasa kurir e-marketplace logistik pada era new
normal. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner
kemudian diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor menggunakan
program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 14 faktor baru
yang terbentuk yaitu (1) komunikasi dan pelayanan, (2) daya saing, (3) pengalaman
dan pembelajaran, (4) pengaruh harga, (5) pengaruh lingkungan, (6) perbedaan
individu, (7) variasi dan informasi, (8) fasilitas layanan, (9) rekomendasi, (10)
demografi, (11) physical evidence, (12) branding, (13) ketersediaan jasa, dan (14)
operasional. The courier service sector is experiencing significant growth due to the
increasing of online shopping trend caused by the public limitation mobility to
implement the Large-Scale Social Restrictions policy issued by the government.
Logistics courier services should identify consumer behavior so that they can
provide goods delivery services that are able to answer consumer needs. The
purpose of this study is to determine the characteristics of respondents and analyze
the factors that affecting consumer decisions to choose e-marketplace logistics
courier services in the new normal era. This study contained primary data obtained
through questionnaires and then processed using descriptive and factor analysis
using the SPSS program. The results indicate that there are 14 new factors formed,
(1) communication and service, (2) competitiveness, (3) experience and learning,
(4) the effect of price, (5) environmental influence, (6) individual differences, (7)
variety and information, (8) service facilities, (9) recommendations, (10)
demographics, (11) physical evidence, (12) branding, (13) service availability, and
(14) operational.
Collections
- UT - Management [3455]