dc.description.abstract | Asia Tenggara telah menjadi pasar yang berkembang bagi media sosial,
termasuk media sosial profesional. LinkedIn merupakan satu-satunya media sosial
profesional yang sukses meraih jumlah pengguna aktif terbesar di dunia. Maka dari
itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pengguna
LinkedIn di Jakarta dan Kuala Lumpur. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh
determinan-determinan tertentu terhadap niat penggunaan LinkedIn, dan
dampaknya pada hasil-hasil dalam bentuk komunikasi mulut-ke-mulut dan kerelaan
untuk membayar. Determinan-determinan yang digunakan didasari oleh teori
Technology Acceptance Model, yang merepresentasikan determinan teknologi,
serta teori Uses and Gratification, yang merepresentasikan determinan psikologis.
Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis Partial
Least Square Structural Equation Modeling. Hasil menunjukkan perceived ease of
use dan career advancement memengaruhi niat penggunaan di Jakarta. Perceived
usefulness, perceived ease of use, dan information memengaruhi niat penggunaan
di Kuala Lumpur. Selanjutnya, niat penggunaan mendorong komunikasi mulut-kemulut
dan kerelaan untuk membayar di kedua kota. | id |