Analasisi Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepemilikan Sertifikasi Halal di Bogor
Abstract
Label halal pada suatu produk selain berfungsi untuk menunjukkan status
kehalalan, juga merupakan salah satu upaya strategi pemasaran produk. Hingga saat
ini terdapat dua jenis label halal yang beredar pada produk makanan lokal oleh
UMKM, yaitu label halal MUI dan label halal yang dibuat sendiri oleh pelaku usaha.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
pilihan UMKM untuk mencantumkan label halal MUI atau halal non-MUI pada
produk. Penelitian ini dilakukan di Kota Bogor dengan mengambil sampel 30
responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling.
Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi logistik. Hasil analisis
regresi logistik menunjukkan dari variabel Pengetahuan, Pendidikan, Agama
Pemilik Cafe, Omzet/Pendapatan, Konsumsi Masyarakat, Laju Usaha, Skala Usaha
(Mikro, kecil, menengah), Biaya, Proses Sertifikasi, Persyaratan Sertifikasi,
variabel omzetlah yang berpengaruh signifikan terhadap minat pemilik cafe untuk
bersertifikasi halal MUI.
Collections
- UT - Syariah Economic [484]