Show simple item record

dc.contributor.advisorYuliati, Lilik Noor
dc.contributor.advisorAfendi, Farit
dc.contributor.authorPuspitasari, Caselia Ajeng
dc.date.accessioned2021-02-18T10:03:40Z
dc.date.available2021-02-18T10:03:40Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105996
dc.description.abstractSejak beberapa dekade terakhir kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya pelestarian lingkungan dan gaya hidup sehat semakin meningkat. Peningkatan ini disebabkan adanya kekhawatiran besar akan terjadinya bencana lingkungan hidup yang mengancam. Konsumen pun tidak bisa disalahkan sepenuhnya terkait hal ini. Produsen juga berperan dalam penurunan kualitas lingkungan karena produsen biasanya memproduksi barang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Kesadaran masyarakat akan pentingnya kualitas hidup dan kesehatan yang baik akan membuka peluang besar bagi bisnis produk pangan organik. Indonesia juga diakui sebagai produsen pangan organik dunia yang potensial. Perkembangan produk pangan organik tidak hanya diperdagangkan dalam bentuk segar tetapi juga bentuk olahan sehingga membuat konsumen mempunyai lebih banyak pilihan bagi produk organik yang dikonsumsi. Pangan organik olahan adalah pangan yang dihasilkan dari sistem pertanian organik yang meliputi kegiatan budidaya, pasca panen, pengolahan hasil, pelabelan dan pemasaran yang harus mengikuti prinsip- prinsip produksi pangan organik sesuai SNI 01-6729-2002 tentang sistem produksi pangan organik. Munculnya kesadaran akan permasalahan lingkungan juga memicu dunia industri untuk menghadirkan konsep pemasaran yang mengedepankan isu lingkungan atau yang lebih dikenal dengan konsep green marketing. Konsep green marketing dibutuhkan dalam upaya untuk memenuhi tercapainya usaha dalam mempertahankan keorganikan produk organik dari lahan hingga produk akhir (from the farm to the table). Seiring dengan kesadaran masyarakat terhadap isu kesehatan dan lingkungan maka strategi bisnis dengan konsep green marketing menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Adanya konsep tersebut akan lebih meyakinkan masyarakat dalam memutuskan untuk membeli produk pangan organik tersebut. Selain itu adanya kesadaran masyarakat atas isu kesehatan dan lingkungan juga menjadi salah satu hal yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Sikap juga menjadi satu hal yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh dari penerapan konsep green marketing, kesadaran lingkungan dan kesehatan terhadap keputusan pembelian produk pangan organik melalui sikap konsumen pada produk Bionic Farm. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan metode survei secara online. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 220 responden. Teknik pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM dengan menggunakan LISREL 8.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok responden mayoritas adalah pada usia 25-35 tahun sebanyak 86 responden (39.09%). Mayoritas responden dalam penelitian adalah perempuan sebanyak 131 responden (59.55%). Mayoritas responden sudah menikah sebanyak 174 responden (79.09%). Mayoritas responden pendidikan terakhirnya adalah sarjana sebanyak 151 responden (68.64%). Mayoritas responden bekerja sebagai ibu rumah tangga sebanyak 59 responden (26.82%) dan sebanyak 85 responden (36.84%) pengeluarannya sebesar Rp 3 000 001 – Rp 6 000 000. Green marketing dan kesadaran lingkungan berpengaruh terhadap sikap. Kesadaran kesehatan tidak berpengaruh terhadap sikap. Green marketing dan kesadaran kesehatan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kesadaran lingkungan dan sikap tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bagi PT Bionic Farm untuk strategi selanjutnya.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Green Marketing, Kesadaran Lingkungan dan Kesehatan terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Organik melalui Sikap (Studi Kasus: PT Bionic Farm)id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordgreen marketingid
dc.subject.keywordkeputusan pembelianid
dc.subject.keywordkesadaran kesehatanid
dc.subject.keywordkesadaran lingkunganid
dc.subject.keywordsikapid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record