Pengaruh Peran Gender dalam Fungsi Sosial Budaya dan Reproduksi terhadap Kebahagiaan Remaja
dc.contributor.advisor | Puspitawati, Herien | |
dc.contributor.advisor | Defina | |
dc.contributor.author | Habsari, Atika Windi | |
dc.date.accessioned | 2020-12-29T06:15:20Z | |
dc.date.available | 2020-12-29T06:15:20Z | |
dc.date.issued | 2020 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/105104 | |
dc.description.abstract | Kebahagiaan adalah tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan setiap keluarga. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meganalisis pengaruh peran gender dalam fungsi sosial budaya dan reproduksi terhadap kebahagiaan remaja. Desain penelitian ini adalah studi cross sectional yang menggunakan teknik self administered dengan pengisian kuesioner secara online. Responden penelitian berjumlah 277 siswa yang dipilih secara voluntary sampling, dengan kriteria siswa SMP Kota Bogor yang masih memiliki orang tua lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia ayah berpengaruh positif signifikan dan besar keluarga berpengaruh negatif signifikan terhadap kebahagiaan remaja. Intensitas aktivitas dalam fungsi sosial budaya dan reproduksi berpengaruh terhadap kebahagiaan remaja. Peran gender berpengaruh terhadap kebahagiaan remaja. Terdapat perbedaan yang signifikan pada intensitas aktivitas dalam fungsi sosial budaya dan reproduksi antara remaja laki-laki dan perempuan, tetapi pada kemitraan gender tidak terdapat perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaaan yang signifikan pada variabel kebahagiaan antara remaja laki-laki dan perempuan. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.subject.ddc | Family and Consumer Sciences | id |
dc.title | Pengaruh Peran Gender dalam Fungsi Sosial Budaya dan Reproduksi terhadap Kebahagiaan Remaja | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | fungsi keluarga | id |
dc.subject.keyword | kebahagiaan | id |
dc.subject.keyword | kemitraan gender | id |
dc.subject.keyword | peran gender | id |