Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Desa Wisata Malasari.
Abstract
Menurut UU No. 10 Tahun 2009 desa wisata merupakan suatu daerah tujuan wisata yang mengintegrasikan daya tarik wisata, fasilitas pariwisata, aksesibilitas, yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Pengembangan desa wisata, perlu dilakukan kegiatan promosi untuk memperkenalkan produk/jasa kepada konsumen secara luas, salah satunya menggunakan media sosial instagram. Tujuan penelitian ini adalah, mendeskripsikan efektivitas instagram sebagai media promosi Desa Wisata Malasari, menganalisis hubungan karakteristik pengunjung dan keterdedahan media dengan efektivitas instagram, serta menganalisis hubungan efektivitas instagram tindakan setelah berkunjung pengunjung ke Desa Wisata Malasari.. Data kuantitatif diolah menggunakan uji hubungan dengan pemilihan 52 responden yang menggunakan teknik Slovin. Hasil dari penelitian ini adalah, terdapat hubungan antara karakteristik individu pada indikator usia dan keterdedahan media instagram dengan efektivitas instagram dan terdapat hubungan antara (daya tarik, pemahaman) dengan minat berkunjung kembali, serta terdapat hubungan antara (daya tarik, pemahaman, keterlibatan diri, dan persuasi) dengan rekomendasi kepada orang lain.